Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Kerja Sama Riset, Australia Sediakan Dana Belasan Juta Dollar

Kompas.com - 22/05/2014, 14:59 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Australia dan Indonesia akan memperkuat kerja sama riset. Lewat Australia-Indonesia Center, kerja sama antara-universitas, lembaga, atau peneliti yang sebelumnya sudah berjalan akan lebih ditata.

Australia-Indonesia Research Summit 2014 digelar di Jakarta, Kamis (22/5/2014). Pertemuan tersebut bertujuan membahas topik-topik penelitian dan kegiatan yang bisa dikerjasamakan oleh kedua negara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Naim mengatakan, "Ada lima tema penelitian yang akan menjadi fokus, yaitu pendidikan, kesehatan dan kedokteran, infrastruktur, pangan dan pertanian, serta energi."

Greg Barton, profesor studi Indonesia dari Australia-Indonesia Center, mengatakan, untuk mendukung kerja sama riset, Pemerintah Australia beserta beberapa universitas dan pihak swasta telah menyediakan dana.

"Totalnya 25 juta dollar Australia. Dari sejumlah itu, lebih kurang setengahnya akan dialokasikan untuk penelitian. Selebihnya untuk peningkatan kapasitas dan sebagainya," katanya saat ditemui di sela pertemuan.

Pertemuan yang akan berlangsung hingga Jumat (23/5/2014) besok ini akan membahas topik riset yang lebih spesifik. Beberapa peneliti dari Indonesia dan Australia memaparkan potensi kerja sama riset dalam bidang malaria, sel punca, dan keanekaragaman hayati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com