Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Arkeolog Kembali Temukan Arca Jaladwara Peninggalan Wangsa Sailendra

Kompas.com - 03/04/2014, 21:04 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Memasuki hari ketiga ekskavasi di lokasi penemuan benda purbakala peninggalan Wangsa Sailendra di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, tim gabungan arkeolog, Kamis (3/4/2014) kembali menemukan arca jaladwara yang tidak jauh dari lokasi galian sebelumnya.

Dengan demikian temuan jaladwara peninggalan pada abad ke-7 itu saat ini berjumlah dua buah. Jaladwara adalah arca di ujung saluran pembuangan air yang banyak ditemukan di pemandian atau petirtaan zaman dulu. Jaladwara ini biasanya berbentuk kepala naga.

"Kami menemukan satu jaladwara lagi. Selain itu tim yang melakukan ekskavasi juga menemukan batu yang diperkirakan merupakan batu umpak. Sebelumnya ada dua batu serupa yang ditemukan dan diamankan oleh warga setempat," kata Ketua Tim Ekskavasi Agustijanto Indradjaja.

Menurut Agustijanto, tim saat ini masih mencari petunjuk baru jejak peradaban Wangsa Sailendra di Kabupaten Semarang dengan berupaya menggali struktur dinding tebing di lokasi tersebut.

Hal itu dilakukan mengingat pada penggalian hari ketiga tim sempat menemukan lagi gerabah dan batu bata.

"Kami memperkirakan batu umpak kami temukan diameternya lebih dari 30 sentimeter. Cuma bagian tengahnya belum diketahui karena saat ini masih terpendam tanah," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com