Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Matikan Lampu Satu Jam Saja!

Kompas.com - 29/03/2014, 18:49 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kampanye 60+ Earth Hour yang digerakkan organisasi lingkungan WWF kembali mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk menghemat energi dengan cara mematikan lampu selama satu jam kembali digelar Sabtu (29/3/2014) malam. Warga diimbau mematikan lampu dari pukul 20.30-21.30.

"Earth Hour bukan sekadar mematikan lampu dan alat-alat elektronik selama satu jam, tapi lebih merupakan simbolisasi akan sebuah tindakan yang sederhana yang dilakukan oleh seseorang, yang berdampak sangat besar bagi perbaikan lingkungan bila dilakukan secara bersama-sama," kata Nyoman Iswarayoga, Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF dalam keterangan resminya.

WWF menyatakan, tahun lalu, gerakan ini berhasil mengajak lebih dari 2,3 miliar orang di 154 negara untuk berpartisipasi. Berbagai bangunan ikon dunia gelap gulita selama satu jam dalam rangka aksi tersebut antara lain Empire State Building di New York, Menara Eiffel Paris, Istana Kremlin Moskwa, Burj Khalifa Dubai, Marina Bay Sands Singapura, hingga Monas di Jakarta.

Menurut Nyoman, seperti dikutip dari the Jakarta Post, lampu-lampu yang menerangi sejumlah ikon Kota Jakarta juga akan dimatikan selama kampanye tahun ini. Antara lain Monas, Patung Arjuna Wiwaha di Thamrin, Patung Pemuda Membangun di Senayan, dan Bundaran HI.

Selain itu, sejumlah pusat perbelanjaan juga akan berpartisipasi dalam kampanye ini antara lain di Central Park dan Senayan City. Lampu-lampu taman dan lampu luar mal akan dimatikan selama satu jam.

Nyoman mengatakan, pihaknya telah mengajak pemerintah daerah, kalangan swasta, dan komunitas di sejumlah kota untuk berpartisipasi. Jumlah kota yang akan bergabung dalam kampanye Erath Hour tahun ini mengalami peningkatan menjadi 37 kota, dari 31 kota pada tahun lalu.

Sebelum kampanye mematikan lampu selama satu jam, sebelumnya WWF juga menggelar kampanye lainnya. Yakni kampanye untuk menggunakan transportasi publik pada 16 Februari, kampanye stop menggunakan kantong plastik pada 23 Februari, kampanye menghemat penggunaan kertas pada 9 Maret, dan kampanye menghemat air pada 23 Maret tepat di Hari Air.

Nah, puncaknya adalah kampanye 60+ Earth Hour, Sabtu malam. Ayo berpartisipasi dengan matikan lampu cukup satu jam saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com