NASA Mengajak Manusia "Mengusap" Wajah Kutub Utara Bulan

Kompas.com - 19/03/2014, 11:21 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis citra kutub selatan Bulan. Siapa pun kini bisa "mengusap" wajahnya, mengenal setiap detailnya.

Citra dihasilkan dari sejumlah 10.851 gambar yang diperoleh oleh wahana Lunar Reconnaissance Orbitter (LRO). Citra dibuat interaktif sehingga siapa pun bisa seolah menjelajahi wilayah yang belum pernah dikunjungi manusia itu.

"Citra unik ini adalah sumber yang sangat besar dan berharga bagi ilmuwan dan publik," kata John Keller, ilmuwan dari Goddard Space Flight Center, NASA, yang tergabung dalam proyek LRO.

"Ini adalah contoh paling mutakhir dari sumber yang mengagumkan dan produk data dari LRO yang telah disedaikan selama hampir lima tahun,' ungkap Keller seperti dikutip Foxnews, Selasa (18/3/2014).

Citra tersebiut berukuran 931.070 piksel persegi, atau hampir tersusun atas 876 miliar piksel totalnya.

Apabila citra ini dicetak, ukuran kertas yang dibutuhkan melebihi panjang lapangan sepak bola. Sementara, bila diproses masing-masing, kapasitas seluruh citra mencapai 3,3 terabit. Citra telah di-compress sehingga bisa diakses lewat web.

Citra wajah kutub selatan Bulan bisa diakses di tautan ini.