Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flightradar24 Lacak Perjalanan MH370 hingga Sesaat Sebelum Hilang

Kompas.com - 10/03/2014, 09:48 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sementara nasib pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 belum diketahui, berbagai berita dan spekulasi tentang apa yang dialami pesawat itu terus muncul.

Di antara beragam wacana tentang apa yang terjadi pada pesawat dan penyebabnya yang terus berkembang, sudahkah Anda memahami tentang konteks hilang kontaknya pesawat itu?

Bagaimana sebetulnya rute penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur ke Beijing? Di mana sebenarnya pesawat itu diduga jatuh? Pesawat diduga berbalik arah, apa dasarnya?

Yang belum memahami betul apa yang sebenarnya terjadi, informasi dari Flightradar24, sebuah perusahaan yang melacak penerbangan secara real time, bisa membantu.

Flightradar24 menyuguhkan rekaman hasil pelacakan perjalanan MH370 dari Kuala Lumpur hingga sesaat sebelum hilang kontak. Rekaman bisa diakses dengan mengeklik tautan berikut.

Dengan memutar data rekaman Flightradar24, Anda akan mengetahui perubahan arah MH370 dari arah 25 derajat ke 40 derajat.

Perubahan ini diduga terjadi karena pesawat berbalik arah. Namun, hal itu masih diperdebatkan.

Sementara itu, gambar di bawah ini menunjukkan tempat pesawat lepas landas, target pendaratan, serta kecepatan.

Flightradar24 Rute penerbangan Malaysia Airlines MH370

Pesawat berangkat dari Kuala Lumpur pada Sabtu (8/3/2014) dini hari pukul 00.41 waktu setempat. Diperkirakan, pesawat akan sampai di Beijing pada pukul 06.41 waktu Malaysia.

Namun, pada pukul 01.22 waktu Malaysia, pesawat hilang kontak. Pada pukul 02.40, Malaysia merilis laporan bahwa MH370 hilang.

Di mana hilangnya? Hal itu bisa dilihat pada gambar berikut. Pesawat hilang kontak di wilayah antara Malaysia dan Vietnam, tepatnya di perairan lepas pantai teluk Thailand.

Flightradar24 Lokasi kontak terakhir Malaysia Airlines MH370 sebelum dinyatakan hilang pada Sabtu (8/3/2014) pukul 02.40 WIB

Hingga kini, pencarian puing serta tanda-tanda adanya kecelakaan pada MH370 terus dilakukan. Namun, belum ada satu penemuan pun yang sudah terkonfirmasi terkait dengan insiden hilangnya pesawat ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com