Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakdhe yang Gemar Menulis

Kompas.com - 10/03/2014, 08:55 WIB
Ahmad Arif

Penulis

Rovicky Dwi Putrohari (51), geolog yang telah 25 tahun bekerja di perusahaan minyak dan gas. Profesionalitasnya diakui dengan dipilih sebagai Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sejak 2011. Namun baginya, pencapaian terbesar adalah mencipta blog populer: “Dongeng Geologi”.

Oleh: Ahmad Arif

Sejak kecil, Rovicky suka menulis. Dia rutin mengirim tulisan ke koran lokal di Yogyakarta, walaupun belum pernah diterbitkan. “Kalau tulisan dikembalikan diberi koreksi oleh redakturnya. Dari situ saya belajar menulis,” kata dia.

Kegemaran menulis ini tersendat sejak kuliah. Saat itu, dia lebih sibuk jadi asisten praktikum dan mendaki gunung. Baru ketika internet mulai populer, sekitar tahun 1998, Rovicky menemukan kembali hobi menulisnya.
Kini, rata-rata dia menghabiskan dua sampai tiga jam per hari untuk mencari data lalu menuliskannya di blognya, Dongeng Geologi. Awalnya menulis satu tulisan butuh waktu dua hari, saat ini kadang hanya perlu sejam.

“Disela-sela kerja, di mana saja, saya berusaha menjawab pertanyaan pembaca blog,” kata dia. Kelebihan media sosial seperti blog memang adanya interaktivitas penulis dan pembaca. “Bahkan, sering blog saya jadi ruang berdiskusi para pembaca yang beradu argumen.”

Tema yang paling digemari pembaca, soal bagaimana mencari air. Tema ini, dikunjungi rata-rata 50 orang per hari, dan total sudah dilihat lebih dari 100 ribu kali. Pengunjung blognya melonjak saat bencana. Misalnya, tulisannya soal Kelud telah dikunjungi 90 ribu pembaca.

Salah satu kelebihan Rovicky adalah kepintarannya menulis dengan bahasa yang ringan. Dia memosisikan diri seperti pendongeng. Mekanisme geologi yang rumit, diolah menjadi mudah dicerna awam dan kerap ditampilkan dalam bentuk dialog. Dalam menulis, dia kerap menyebut dirinya sebagai “Pakdhe”.

“Jadi, Pakdhe, kenapa kita masih juga impor daging sapi dan beras, padahal katanya kita negeri agraris?” Upss....kalau soal pertanian, mungkin dibutuhkan Pakdhe-Pakdhe lainnya yang memiliki visi dan mau memberi penjelasannya dengan gamblang sesuai dengan bidang kepakaran kepada masyarakat luas...

Baca juga tulisan sebelumnya: Dongeng Geologi tentang Nusantara

Biodata

Nama: Rovicky Dwi Putrohari
Tempat/tgl lahir: Yogyakarta, 12 Maret 1963
Pendidikan: Jurusan Geologi FT UGM (lulus 1983), Master Geofisika UI (lulus 1998)

Pengalaman kerja:

  • HESS Oil and Gas, Jakarta (2010 –  sekarang)
  • HESS Oil and Gas, Kuala Lumpur (2005 – 2010)
  • Murphy Oil Corp, Kuala Lumpur (2004 – 2005)
  • Total E&P Indonesia, Balikpapan (2003)
  • Brunei Shell PetroleumSeria, Brunei (2001-2002)
  • Kondur Petroleum S.A (1995 – 2001)
  • LASMO Indonesia Ltd (1990 -1995)
  • HUDBAY OIL(MS) Ltd (1988 – 1990)

Aktivitas lain:
  • Ketua IAGI (2011 - )
  • Pendiri Forum Geofisika Reservoir Indonesia, Forum Geosaintist Muda Indonesia dan Mailing list IndoEnergy
  • Pengelola blog “Dongeng Geologi”
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com