Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gravity" Borong Oscar, Astronot Ucapkan Selamat dari Antariksa

Kompas.com - 03/03/2014, 14:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Tiga astronot yang saat ini berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mengucapkan selamat atas keberhasilan Gravity memborong Oscar.

Gravity dinominasikan dalam 10 kategori penghargaan dalam Academy Awards ke-86 yang digelar pada Minggu (2/3/2014). Sejauh ini, Gravity telah memborong tujuh Piala Oscar.

Kategori yang diraih oleh Gravity tergolong sangat bergengsi, termasuk penghargaan Best Director, yang diraih oleh Alfonso Cuaron.

Dalam ucapan selamatnya dari ISS, astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, Michael S Hopkins, berupaya menunjukkan bahwa para astronot tahu benar tentang gravitasi.

"Dari ketinggian 260 mil di atas permukaan Bumi, kami tahu benar tentang gravitasi dan minimnya gravitasi," demikian dikatakan Mike dalam video YouTube yang dirilis NASA.

Sementara, Koichi Wakata, astronot asal Badan Antariksa Jepang (JAXA), mengatakan bahwa dalam kesibukan di antariksa, para astronot pun menyaksikan Gravity.

Richard A Mastrachhio, astronot NASA, berterima kasih dan mengucapkan selamat kepada seluruh kru dan aktor Gravity.

Mastrachhio berterima kasih kepada para kru dan aktor Gravity yang telah "membawa kondisi ekstrem di sini (ISS) ke seluruh dunia".

Dalam ucapan selamatnya, para astronot menunjukkan bahwa minimnya gravitasi memang sangat memengaruhi kehidupan mereka di ISS.

Astronot menunjukkan bahwa untuk memindahkan satu mikrofon dari tangan satu ke yang lain, astronot tak harus menyerahkan langsung, cukup melepaskan dan membiarkan yang lain menangkap.

Sementara itu, Mike menunjukkan betapa mudahnya koprol di antariksa.

Gravity banyak dipuji karena berhasil mengungkapkan kepada publik secara populer tentang misi antariksa dan penjelajahan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com