Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Iklim Membuat Burung Laut Harus Terbang Lebih Jauh

Kompas.com - 28/02/2014, 22:04 WIB

KOMPAS.com — Para ilmuwan mendapati bahwa perubahan iklim memaksa beberapa jenis burung melakukan perjalanan lebih jauh dan mengubah makanan mereka. Sebuah artikel yang diterbitkan di Jurnal Global Change Biology menunjukkan, makanan burung laut shearwater sudah sangat berubah selama 75 tahun terakhir.

Menurut peneliti Dr Jennifer Lavers dari Universitas Tasmania, ini menunjukkan, burung-burung itu mengubah perilaku mereka sebagai akibat dari perubahan iklim.

Studi itu juga mendapati, mereka terpaksa mencari makanan ke tempat yang lebih jauh.

"Ini menunjukkan bahwa pada dasarnya telah terjadi suatu perubahan yang sangat signifikan di laut yang menyebabkan burung-burung itu sama sekali mengubah makanan mereka. Dalam kasus ini, salah satu variabel terbesar adalah El Nino," katanya.

Studi itu juga mendapati, posisi mereka pada rantai makanan (di mana serangkaian organisme saling bergantung dalam kebiasaan makan mereka) telah sangat merosot ketika mereka terpaksa mencari makanan ke tempat yang lebih jauh.

Dr Lavers mengatakan, ini mungkin menimbulkan implikasi pada species lainnya.

"Setiap perubahan perilaku, perubahan makanan yang terjadi pada burung shearwater, diperkirakan akan berpengaruh pada semua organisme lainnya dalam rantai makanan di bawah mereka," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com