Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Kembangkan Alat Elektronik yang Bisa Hancur Sendiri

Kompas.com - 09/02/2014, 06:00 WIB


Militer AS mendanai proyek untuk mengembangkan alat elektronik yang mampu menghancurkan diri sendiri seperti alat rahasia dalam film Mission Impossible.

Darpa, Badan Proyek Riset Lanjut Pertahanan AS, memberikan dana senilai 3,5 juta dollar AS pada pusat pengembangan komputer IBM dalam kontrak untuk mengembangkan Proyek Vanishing Programmable Resources (VAPR) ini.

Harapannya adalah mengembangkan sebentuk alat elektronik transient yang bisa dihancurkan dari jarak jauh.

Alat ini nantinya diharapkan mampu berperan dalam zona pertempuran.

Proposal awal IBM termasuk penggunaan frekuensi radio sebagai pemicu yang bisa menghancurkan lapisan kaca pada chip silikon sehingga mampu menghancurkannya seketika menjadi butiran debu.

Tidak jatuh ke tangan musuh

"Pemicu, seperti sekering atau lapisan metal yang gampang bereaksi akan dipakai pada proses penghancuran awal, pada setidaknya satu lokasi, pada substrate kacanya," tulis Darpa dalam pengumuman pemberian dana ini.

Darpa berharap dapat mengembangkan sensor dengan jaringan distribusi luas yang mampu mengumpulkan dan mengirimkan data dalam periode terbatas, kemudian dengan seketika alat itu bisa hancur dengan sendirinya agar tak jatuh ke tangan musuh.

Teknologi VAPR juga berpotensi dimanfaatkan untuk diagnosis serta perawatan medis, jika sensornya dapat dibangun sedemikian rupa sehingga tak berbahaya ketika diserap tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com