Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Jabodetabek Terasa Sangat Dingin Dua Hari Ini?

Kompas.com - 22/01/2014, 19:49 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sejumlah warga Jabodetabek berkicau di media sosial tentang suhu yang terasa sangat dingin.

"Ini Jakarta apa Dieng? Dingin banget broh!" kicau Riviani Rivi, salah satu pengguna Twitter. Deni P Fauzy, pengguna Twitter lain, berkicau, "Ini Jakarta yang emang dingin atau gw yang sakit?"

Catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memang menunjukkan bahwa suhu Jakarta lebih rendah dalam dua hari ini.

"Untuk hari ini, (Rabu, 22 Januari 2014), suhunya antara 22-28 derajat celsius," kata Mulyono Rahadi Prabowo, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG.

Suhu Jakarta yang dingin terkait dengan pelepasan dan penyerapan energi panas dari wilayah Jabodetabek, termasuk Laut Jawa, selama musim hujan.

Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara BMKG Edvin Aldrian menerangkan, saat hujan tidak maksimum seperti hari ini, suhu memang bisa terasa dingin.

"Ini karena untuk membentuk hujan berikutnya, ada penyerap panas dari lingkungan," kata Edvin saat dihubungi Kompas.com.

Akibat banyak panas yang terserap, kalor di lautan dan daratan sekitar Jakarta berkurang sehingga warga penghuninya merasakan suhu dingin.

Mulyono menambahkan, saat hujan turun, terjadi peubahan fase air yang diikuti dengan pelepasan energi panas. "Ada pengembunan," katanya.

Karena pelepasan energi panas tersebut, suhu saat hujan terjadi kadang justru terasa lebih hangat dari biasanya.

"Saat tidak terjadi hujan justru sebaliknya. Tidak ada pelepasan panas sehingga yang terjadi justru kita merasa dingin," urainya.

Edvin mengatakan, hujan lebat di Jabodetabek akhir-akhir ini sebenarnya memiliki jeda, tidak terjadi setiap hari.

Contoh, pada Selasa (21/1/2014), hujan mengguyur dari dini hari hingga sore hari. Namun, hari ini hujan sangat minim.

Menurut Edvin, penjelasan dari persoalan pelepasan dan penyerapan kalor bisa ditangkap dari jeda hujan lebat itu. Usai hujan lebat dan hari sesudahnya, biasanya suhu akan terasa dingin.

Mulyono dan Edvin mengungkapkan bahwa fenomena dingin ini adalah hal yang normal dan biasa terjadi saat musim hujan seperti saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com