Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Hari Terakhir Jakarta Diguyur Hujan Lebat Merata

Kompas.com - 20/01/2014, 18:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Prakiraan terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa Senin (20/1/2014) adalah hari terakhir hujan lebat yang merata di Jakarta.

Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Achmad Zakri mengatakan, untuk hari-hari berikutnya, hujan lebat masih mungkin terjadi di Jakarta, tetapi tidak merata seperti kemarin-kemarin.

Prakiraan tersebut setidaknya berlaku hingga enam hari ke depan. Untuk selanjutnya, banyak faktor masih mungkin meningkatkan curah hujan dan sebarannya.

Zakir menjelaskan, hujan lebat dan merata pada 11-12 Januari 2014 dan 17-18 Januari 2014 terjadi karena adanya konvergensi pertemuan massa udara di atas Jawa. "Ini memicu pembentukan awan yang mengarah ke Jakarta dan mengakibatkan hujan," tuturnya.

Saat ini, wilayah konvergensi tersebut telah bergeser ke selatan. "Jadi, di Jakarta hujan lebat akan berkurang. Bisa terjadi, tetapi tidak merata," jelasnya.

Sementara sedikit menentramkan Jakarta, konvergensi itu bisa memicu hujan lebat di wilayah lain. Karena bergerak ke selatan, wilayah bagian selatan Jawa,seperti Cilacap, wajib mewaspadai potensi hujan lebat.

Zakir memastikan, hingga hari ini tidak ada bibit badai tropis maupun badai tropis yang memengaruhi cuaca Jakarta.

Badai tropis langka yang dinamai Lingling saat ini tumbuh di selatan Filipina. Sementara, di selatan Indonesia terdapat badai tropis June. Zakir memastikan, tidak akan ada hujan lebat di Jakarta terkait kedua badai tropis itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com