Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Monyet Ini, Lemparan Batu Berarti Kemesraan

Kompas.com - 15/01/2014, 21:06 WIB

KOMPAS.com — Banyak cara dilakukan untuk menggoda lawan jenis, dan bagi monyet capuchin betina, cara menggoda paling jitu adalah dengan melempar batu kepada calon pasangannya.

Dalam sebuah rekaman untuk film dokumenter Wild Brazil, primata itu terlihat merengek, menarik wajah, dan mengikuti calon pasangannya.

Para ilmuwan mengatakan, ini adalah hal yang serius bagi capuchin betina karena menjadi satu-satunya kesempatan mereka untuk mendapatkan pasangan.

Camila Galheigo Coelho dari Universitas Durham di Inggris dan Universitas Sao Paolo di Brasil telah menghabiskan dua tahun mempelajari interaksi sosial monyet ini.

Capuchin dikenal karena kepintarannya dan diketahui sebagai primata non-kera yang menggunakan peralatan.

Tidak punya tanda fisik

Mereka menggunakan batu untuk memecah kacang, menggali tanah dan menyelidiki lubang.

Tidak seperti monyet jenis lain, capuchin betina tidak memiliki indikator fisik yang menunjukkan bahwa mereka sedang mengalami masa subur.

Tanpa warna bulu yang cerah atau bau yang khas sebagai alat komunikasi, capuchin menunjukkan bahwa dia siap kawin dengan perilakunya.

Dalam kasus ini, melempar batu bukanlah sebuah sinyal agresi, melainkan sebagai sebuah pujian.

"Seperti primata lain, sang jantan mungkin menunggu sampai kesuburan telah mencapai puncaknya. Capuchin jantan akan menunggu betina untuk menampilkan rayuan maksimal agar menjamin bahwa kopulasi terjadi pada tahap paling subur," urai Coelho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com