Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jalan-jalan pada Selasa "Tanggal Merah"? Baca Prakiraan Cuaca Ini

Kompas.com - 13/01/2014, 22:48 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Selasa besok adalah tanggal merah. Beberapa orang mungkin merencanakan untuk jalan-jalan. Namun, sebelumnya, Anda mungkin bisa menyimak prakiraan cuaca untuk mewaspadai hujan dan risikonya.

Hujan mengguyur Jakarta selama seharian penuh pada sabtu (11/1/2014) dan Minggu (12/1/2014). Sementara pada Senin (13/1/2014), curah hujan terasa berkurang. Bagaimana dengan Selasa (14/1/2014) besok?

Kepala Pusat Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ahmad Zakir kepada Kompas.com, mengatakan, "Besok masih ada potensi hujan, tapi hujan ringan."

Berdasarkan prakiraan cuaca potensi hujan terakhir yang disusun BMKG pada Senin pukul 21.08 WIB, wilayah Jabodetabek memang mayoritas akan diguyur hujan ringan.

Potensi hujan di Jakarta tecermin dalam citra potensi hujan yang diolah BMKG berdasarkan pantauan satelit MTSAT di atas. Terlihat, wilayah Jakarta didominasi warna biru muda, merujuk pada potensi hujan ringan.

Meski demikian, berdasarkan prakiraan cuaca harian BMKG, terdapat wilayah di Jabodetabek yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat antara lain Bogor, Depok, dan Jakarta Timur pada siang hari. Sementara, wilayah lain bervariasi antara hujan ringan dengan hujan lebat.

Untuk diketahui, hujan dengan intensitas ringan berarti kurang dari 30 mm, sedang antara 30- 50 mm, lebat adalah lebih dari 50 mm, dan sangat lebat adalah yang lebih dari 100 mm.

Luar Jabodetabek

Untuk wilayah luar Jabodetabek, BMKG baru membuat prakiraan hujan cuaca 12 jam yang berlaku dari Senin pukul 19.00 WIB hari ini hingga Selasa besok pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan prakiraan tersebut, wilayah yang akan mengalami hujan lebat antara lain beberapa wilayah selatan Sumatera, pesisir timur Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian selatan, Maluku bagian tenggara, dan Jawa bagian timur.

Pada citra satelit MTSAT, potensi hujan lebat bisa dilihat dari wilayah yang diarsir warna biru tua.

Untuk wilayah Maluku, BMKG meminta warga agar mewaspadai angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 km/jam yang berpeluang terjadi di P. Ambon, P. Geser, P. Banda, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara Barat, dan Maluku Barat Daya.

Sementara, wilayah yang perlu perhatian khusus lain adalah Nusa Tenggara Timur, di mana hujan lebat disertai petir dan angin kencang dengan kecepatan 15-45 km/jam mungkin terjadi.

Bagi yang ingin keluar rumah besok, siap-siap mengantisipasi hujan dengan membawa perlengkapan seperti jas hujan serta tetap waspada dalam berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com