Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Bekerja pada Senin "Kejepit"? Lihat Prakiraan Cuaca Ini Dahulu

Kompas.com - 12/01/2014, 23:27 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Banyak karyawan yang mendapatkan libur atau mengambil cuti pada Senin (13/1/2014) besok yang dianggap hari kejepit. Namun, banyak pula yang masih harus tetap menunaikan kewajiban kerja seperti biasa.

Bagi yang masih harus bekerja, prakiraan cuaca mungkin berguna. Minggu (12/1/2014), sejumlah wilayah duguyur hujan seharian. Bila Senin ternyata masih ada potensi hujan, tentu yang wajib bekerja mesti waspada.

Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Edvin Aldrian, mengungkapkan bahwa hujan yang mengguyur sejumlah wilayah pada Minggu terkait dengan pecahnya pusat tekanan rendah di barat daya Jawa.

Sebelumnya, pusaran pusat tekanan rendah tersebut menarik uap air yang terbentuk sehingga wilayah seperti Jawa relatif kering. Karena pecahnya pusaran itu, tak ada yang menarik uap air sehingga hujan maksimum.

Dihubungi Kompas.com, Minggu, dan ditanya tentang kemungkinan pengaruh pecahnya pusaran Sabtu, Edvin mengatakan, "Kemungkinan pengaruhnya masih terasa karena energinya masih besar."

Edvin mengungkapkan, saat ini pusaran tekanan rendah juga terdapat di wilayah selatan Nusa Tenggara Barat dan diprakirakan akan tumbuh menjadi siklon. "Kalau siklon di NTB ini jadi (terbentuk), baru ada faktor penarik lain sehingga energi terbagi," jelas Edvin.

Dampak pengaruh pecahnya pusaran masih akan terasa di sejumlah wilayah, termasuk kawasan tersibuk seperti Jabodetabek serta daerah lain di Jawa bagian barat. Kemungkinan, jika siklon di NTB terbentuk, curah hujan bisa berkurang.

Menurut prakiraan terakhir BMKG pada Minggu pukul 17.34 WIB, wilayah Jabodetabek masih berpotensi untuk mengalami hujan ringan hingga lebat sepanjang Senin. Bogor diprakirakan mengalami hujan lebat pada Senin pagi.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan BMKG terakhir pada Minggu pukul 21.20 WIB, secara umum wilayah Indonesia akan mengalami hujan ringan hingga sedang, kecuali Banda Aceh yang mungkin hanya akan berawan.

Lebih lanjut tentang prakiraan cuaca sepanjang Senin bisa dilihat di tautan ini. Bagi yang pada hari Senin "kejepit" tetap bekerja, persiapan perjalanan dan kewaspadaan saat berkendara mutlak diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com