Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Printer 3D Unik Diluncurkan, Berguna untuk Membuat Permen

Kompas.com - 08/01/2014, 22:02 WIB

KOMPAS.com - Dua printer tiga dimensi yang bisa menciptakan makanan baru saja diluncurkan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Mesin-mesin ini membuat penganan dari bahan dasar gula dan coklat dengan berbagai bentuk yang akan sulit bila menggunakan metode tradisional.

Mesin yang lebih kecil, Chefjet, terbatas pada kreasi produksi makanan monokrom, tetapi printer 3D yang lebih besar Chefjet Pro dapat membuat objek warna-warni.

Produsennya, 3D Systems, yang berbasis di AS mengembangkan printer model yang dapat mencetak makanan manis dengan memakai coklat, atau gula dengan rasa vanili, mint, apel, cherry dan semangka.

Desain yang dibangun dengan menggunakan proses pencetakan lapis demi lapis.

Permen dibuat dengan menyebarkan lapisan gula halus yang dibumbui, dan kemudian dilukis dengan menggunakan kepala cetakan jet untuk mengubahnya menjadi kristal yang mengeras.

Namun, para ahli mengatakan harga printer ini akan membuat penjualan mereka terbatas.

Printer versi dasar akan dijual seharga sekitar US$5.000 (Rp60 juta) per unitnya, sedangkan tipe yang lebih canggih harganya dua kali lipat.

Perusahaan 3D Systems yang berbasis di AS memamerkan mesin ini pada acara Consumer Electronics Show di Las Vegas.

Selain itu juga terdapat printer 3D seharga US$10.000 (Rp 120 juta) yang dapat mencetak keramik dan printer seharga US$5.000 yang bisa menciptakan benda-benda plastik multiwarna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com