Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Amerika Menangkap Basah Aksi Wahana China di Bulan

Kompas.com - 03/01/2014, 21:39 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Satelit Amerika Serikat yang mengorbit Bulan, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), menangkap citra mini wahana Chang'e 3 dan kendaraan penjelajah Yutu milik China yang sedang menjalankan misi di Bulan.

Yutu dibawa oleh wahana Chang'e 3 ke Bulan dan mendarat di dekat Sinus Iridum pada 14 Desember 2014. Sementara LRO menangkap citra Yutu dan Chang'e 3 tepat pada hari Natal, 25 Desember 2013, pada jarak 150 km dari lokasi Chang'e 3.

Dikutip dari Universe Today, Senin (30/12/2013), Chang'e 3 dan Yutu yang seberat 120 kg tampak sebagai titik putih terang dalam citra wahana milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Keduanya bisa tertangkap kamera sebab panel surya yang dimilikinya memantulkan cahaya Matahari yang mengenai permukaan Bulan.

Untuk mengonfirmasi bahwa dua titik putih itu adalah Yutu dan Chang'e 3, Mark Robinson dari School of Earth and Space Exploration di University of Arizona menguraikan bahwa caranya adalah membandingkan citra tempat yang sama yang juga diperoleh LRO pada 30 Juni 2013.

Dengan perbandingan itu, Robinson mengonfirmasi bahwa citra yang ditangkap LRO memang benar Chang'e 3 dan Yutu. Selain itu, lokasi wahana itu juga bisa ditentukan, yakni pada 44.1214 derajat Lintang Utara, 340.4884 derajat Bujur Timur Bulan.

Citra Yutu dan Chang'e 3 tersebut ditangkap oleh Narrow Angle Camera (NAC) yang terdapat pada wahana LRO. Wahana LRO itu mengorbit dari jarak 50 km dari permukaan Bulan. Yutu sendiri saat ini tengah beraksi menjelajahi Bulan. Ke depan, kendaraan ini berencana menyelidiki geologi satelit Bumi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com