Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali, Koala Ditemukan di "Blue Mountain"

Kompas.com - 02/01/2014, 21:58 WIB

KOMPAS.com — Survei nasional yang dilakukan oleh Asosiasi Taman Nasional (NPA) Australia, untuk pertama kalinya menemukan koala tinggal di Daratan Tinggi Blue Mountain di New South Wales (NSW).

Koala juga terlihat hidup di daratan tinggi bagian selatan NSW, Port Stephen dan Maitland, begitu juga di kawasan panas di Northern Rivers dan Gunnedah yang juga di NSW.

"Saya rasa populasi koala sangat lambat sehingga orang-orang tidak yakin, apa koala masih tinggal di lokasi itu,” kata Dr Grainne Cleary dari NPA.

"Mereka hanya satwa yang memiliki kerapatan populasi yang sangat renggang, kecuali anda memang benar-benar mencari mereka tidak hanya untuk melihat mereka.

“Beberapa alasan juga mengapa keberadaan mereka baru diketahui mungkin juga ada hubungannya dengan konektivitas, di mana koala dapat pindah kembali ke daerah-daerah yang mereka tidak pernah ditemukan di sana sebelumnya," kata Cleary.

NPA merekrut warga untuk berpartisipasi dalam Sensus Koala Besar dengan pergi mencari satwa tersebut dan melaporkan temuannya.

Lebih dari 850 orang terlibat dalam kegiatan ini dan mencatatkan jumlah penampakan koala sebanyak 920 kali selama periode pemantauan 10 hari di bulan November 2013 lalu.

Dr Cleary mengatakan, hasil ini akan membantu masyarakat mendorong upaya konservasi koala.

"Data ini akan dikembalikan ke masyarakat yang mengumpulkannya dan meminta mereka membantu konservasi koala yang ditemukan di daerah mereka,” katanya.

"Mereka punya gagasan untuk menanam pohon di lokasi di mana ada populasi koalanya untuk menambah konektivitas antara populasi koala itu, jadi saya bisa memberikan mereka peta di mana koala itu berada.”

"Kita juga akan meminta dewan setempat untuk memasukkan rencana konservasi koala dalam agenda kerja mereka.”

Survei ini juga menunjukkan kalau koala itu satwa yang sangat pemilih dalam hal tempat tinggal, mereka hanya memilih daerah yang punya kualitas daerah dan tanah yang bagus.

"Jika vegetasi yang tepat Anda akan mendapatkan kerapatan populasi koala yang cukup tinggi di daerah tertentu," kata Dr Cleary.

Kawasan berudara panas seperti Northern Rivers dan Gunnedah juga menjadi sorotan dalam hasil survei ini. Ada juga hasil dari Gold Coast dan Brisbane, Victoria, Australia Selatan, dan Australia Barat. Sensus Koala Besar akan diadakan lagi tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com