Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2013, Tahun "Partikel Tuhan" dan China

Kompas.com - 31/12/2013, 15:59 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sejumlah lompatan dibuat oleh para ilmuwan pada tahun 2013 menghasilkan temuan atau pencapaian target yang mengagumkan dalam sains.

Dari sekian banyak pencapaian dalam ilmu pengetahuan, dua yang paling menonjol adalah Higgs boson alias "partikel tuhan" dan pendaratan di Bulan oleh China.

Partikel yang diduga Higgs boson sebenarnya telah ditemukan oleh Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) pada tahun 2013. Namun, baru tahun ini keberadaan partikel itu dikonfirmasi.

Tahun 2013 bisa dikatakan tahun Higgs boson karena pada tahun inilah partikel dikonfirmasi, dan penggagasnya pun meraih nobel.

Pada 8 Oktober 2013, komite Nobel mengumumkan bahwa Peter Higgs dari Inggris dan Francois Englert meraih Nobel Fisika.

"Nobel Fisika tahun ini adalah tentang sesuatu yang kecil, tetapi membuat perbedaan besar," kata Staffan Normark dari Royal Swedish Academy of Sciences kepada BBC hari itu.

Higgs boson adalah partikel misterius yang telah dicari selama puluhan tahun. Pencarian partikel ini guna melengkapi Model Standar Fisika Partikel.

Higgs boson dalam model tersebut penting karena berperan memberikan massa. Tanpa partikel Higgs, tak ada benda yang bermassa dan konsekuensinya tak ada alam semesta dan kita.

Selain "partikel tuhan", lompatan besar lain dibuat oleh bangsa China karena berhasil mendaratkan misi ke Bulan, walau bukan misi berawak.

Pada 14 Desember 2013, China berhasil mendaratkan wahana Chang'e 3 beserta kendaraan penjelajah Bulan, Yutu.

Chang'e 3 dan Yutu mendarat 12 hari setelah peluncurannya dari Xichang Satellite Launch Centre di Sichuan.

Pendaratan China di Bulan penting sebab menjadi simbol kekuatan antariksa bangsa Asia yang sebelumnya selalu tertinggal.

Bagi China, keberhasilan ini punya makna lain. Chang'e 3 dan Yutu adalah nama dewi dan hewan piaraan yang dalam legenda pergi ke Bulan. Kesuksesan ini semacam mimpi yang jadi nyata.

Di Bulan, Yutu akan meneliti tentang geologi Bulan sekaligus mengungkap sumber daya yang dimilikinya. Ada yang mengatakan, China berencana untuk menambang Bulan.

Sejauh ini, misi China ini baru mengirimkan foto-foto Bulan dari jarak dekat yang menarik perhatian publik.

Higgs boson dan pendaratan di China hanyalah dua dari banyak kemajuan dalam ilmu pengetahuan tahun ini.

Selain dua hal itu, di antaranya masih ada temuan primata tertua, burung hantu di Lombok, Samalas yang menjadi biang bencana tahun 1257, dan penanganan HIV pada bayi hingga sembuh "fungsional".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com