Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sukses Mendarat di Bulan pada Malam Minggu

Kompas.com - 15/12/2013, 17:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com
- China lewat misi Chang'e sukses mendarat di Bulan pada Sabtu (14/12/2013) malam waktu setempat. Kesuksesan itu menandai saat pertama China mendaratkan wahana antariksa di Bulan.

Chang'e memulai soft-landing di Bulan pada Sabtu malam sekitar pukul 21.00 waktu China. Chang'e kemudian mendarat di Sinus Iridum, atau Bays of Rainbow, Bulan, 11 menit setelah proses soft-landing tersebut.

Selama proses pendaratan, Chang-e mulai turun dan melambat pada ketinggian 15 km di atas permukaan Bulan, kemudian bertahan pada ketinggian 100 meter untuk melakukan evaluasi lokasi pendaratan sebelum akhirnya sukses mendarat.

Dengan pendaratan ini, China menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet yang mendarat di Bulan. Pendaratan misi Chang'e dibantu dengan detektor yang lebih maju dari misi Apollo sehingga mampu mengevaluasi lokasi pendaratan lebih detail dan tepat.

Wu Weiren, kepala perencanaan program misi Bulan China, mengatakan, proses pendaratan adalah tahap paling penting dalam misi Chang'e. China mengandalkan proses auto-control untuk mengukur kecepatan, penentuan lokasi pendaratan, dan pada saat gerak jatuh bebas.

Agar pendaratan mulus, China dilengkapi dengan peredam tekanan di empat "kakinya". Chang'e sendiri merupakan wahana China pertama yang didesain punya "kaki". Chang'e mengadopsi beragam mesin pendorong yang didesain oleh insinyur China.

Chang'e juga dibekali kendaraan penjelajah Bulan bernama Yutu. Nantinya, Yutu bertugas menyelidiki struktur geologi Bulan dan sumber daya alamnya. Yutu akan berada di Bulan selama setahun sementara Chang'e hanya 3 bulan.

Chang'e 3 adalah bagian kedua dari target misi antariksa China, yang meliputi proses mengorbit, mendarat di benda langit selain Bumi, dam kembali ke Bumi. Kesuksesan misi Chang'e 3 mengikuti sukses misi Chang'e 1 pada taun 2007 dan Chang'e 2 pada tahun 2010.

Sun Huixian, deputi pimpinan insinyur yang menangani misi Chang'e, mengatakan bahwa kesuksesan pendaratan ini menunjukkan kekuatan China dalam dunia keantariksaan. Chang'e adalah wahana pertama yang mendarat di Bulan setelah akhir misi Apollo pada tahun 1970an.

"Dibandingkan dengan kompetisi keantariksaan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet abad lalu, pendaratan kembali ke Bulan kali ini lebih didasari oleh keingintahuan akan bagian semesta yang belum diketahui," ungkap Sun seperti dikutip Xinhua, Sabtu kemarin.

Selain bermakna secara ilmiah, misi China ke Bulan juga berarti dalam sudut pandang budaya China. Dalam legenda, ada seorang wanita bernama Chang'e yang membawa piaraannya, Yutu, ke Bulan, hingga akhirnya menjadi dewi.

"Di luar eksplorasi ilmiah, wahana ke Bulan ini adalah respon dari budaya tradisional dan imajinasi China. Misi ke Bulan China akan dilanjutkan dengan legenda indah," kata Zhang Yiwu, profesor di Peking University.

Chang'e mendarat setelah 12 hari peluncurannya dari Xichang Satellite Launch Centre di Sichuan. Fakta-fakta baru tentang Bulan dalam waktru dekat bisa terkuak lewat sumbangsih salah satu raksasa Asia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com