Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikira Alien, Ubur-ubur Bercahaya Ini Ternyata "Hoax"

Kompas.com - 09/12/2013, 18:13 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis


KOMPAS.com — Warga Bristol sempat dihebohkan dengan temuan makhluk mirip ubur-ubur di wilayah pantai. Tak seperti ubur-ubur umumnya, makhluk itu bercahaya.

Luapan kekaguman warga tercurah di jejaring sosial Twitter, di mana obrolan tentang makhluk itu sudah mencapai 3,5 juta hingga hari Sabtu (7/12/2013).

Kalangan ilmuwan juga kaget. Steve Simpson dari School of Biological Sciences di Bristol University mengatakan, "Ini sangat mengagumkan. Saya tak tahu apa ini."

Kini, akhirnya misteri tentang makhluk terkuak. Kenyataannya tidak menyenangkan. Makhluk itu ternyata hoax.

Diberitakan Mirror, Sabtu, makhluk itu sebenarnya makhluk buatan yang merupakan bagian dari promosi acara TV Inggris tentang sulap bernama "The Happening".

"The Happening adalah acara sulap naratif yang menyuguhkan adegan paling mengagumkan kepada penonton," kata Richard Watsham, editor senior di UKTV.

Makhluk itu sempat diduga ubur-ubur bercahaya. Ada pula yang mengaitkan makhluk itu dengan alien. Ternyata, makhluk itu bukan apa-apa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com