Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bakal Ubah Bulan Jadi "Bintang Mati"

Kompas.com - 06/12/2013, 18:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Seorang pakar dari Pusat Program Eksplorasi Bulan, Badan Antariksa China, mengungkapkan kemungkinan Bulan dijadikan sebagai basis militer China.

Pernyataan itu keluar seusai kesuksesan China meluncurkan wahana penjelajah Bulan miliknya, Chang'e 3 pada Minggu (2/12/2013).

Menurut pakar yang dalam pemberitaan Want China Times, Jumat (6/12/2013), tak disebutkan namanya itu, Bulan bisa diubah menjadi senjata yang mematikan.

Seperti Death Star atau "Bintang Mati" dalam Star Wars, Bulan bisa menjadi basis militer, di mana rudal balistik bisa diluncurkan ke target mana pun di Bumi.

Pakar itu menambahkan, beragam uji senjata dan pembangunan tempat pengujiannya juga bisa dilakukan di Bulan.

Basis militer di Bulan sendiri diharapkan bisa dibangun pada tahun 2050. Pada saat yang sama, Bulan diharapkan bisa menjadi tempat China meluncurkan misi lain ke luar angkasa lebih jauh.

China saat ini memang menjadi negara dengan misi antariksa yang ambisius. Di Asia, China bersaing dengan India.

Setelah peluncuran Chang'e 3, China berharap bisa meuncurkan astronot pada tahun 2030. Sebelumnya, China juga telah membangun stasiun luar angkasa sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com