Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Warga Siaga Gempa, Kampanye Ruang Aman Diperlukan

Kompas.com - 05/12/2013, 22:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Kampanye tentang perlunya ruang aman diperlukan agar warga siaga menghadapi ancaman gempa. Hal itu dikatakan oleh Eko Yulianto PhD, peneliti dari pusat Penelitian Geoteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Ruang aman didefinisikan sebagai sudut rumah yang didesain agar lebih kuat dari ancaman gempa. Ruang aman bisa berwujud sebuah ruangan atau bagian rumah tertentu, seperti area bawah tangga dan mebel yang kuat.

"Ini harus ada di setiap rumah. Keluarga bisa berlindung di situ ketika gempa terjadi," kata Eko saat ditemui dalam acara pemaparan hasil penelitian Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI di Bandung, Kamis (5/12/2013).

"Sampai sekarang kampanye ruang aman ini belum jadi fokus," ungkap Eko. Menurutnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) perlu menjadikannya sebagai agenda dalam upayanya menyadarkan masyarakat akan potensi dan kesiapsiagaan gempa.

Eko menuturkan, kampanye ruang aman dibutuhkan karena hingga saat ini masih banyak bangunan yang tidak tahan gempa. Sudah banyak rumah yang terbangun tanpa memperhitungkan potensi gempa sehingga kampanye ini bisa dijadikan solusi.

Ruang aman, kata Eko, bisa diupayakan oleh masyarakat sendiri. Setiap keluarga bisa memperkuat bagian tertentu dalam rumah. Salah satu contoh adalah membeli satu mebel yang cukup kuat untuk tempat berlindung. Alternatif lain, memperkuat salah satu bagian rumah yang sudah ada. Idealnya, ruang aman adalah ruang tidur dan kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com