Astronom Amatir Temukan Bintang yang Mendadak Terang

Kompas.com - 04/12/2013, 12:58 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Astronom amatir menemukan sebuah nova, bintang yang mendadak terang, setelah mengamati langit malam. Nova itu punya nama sementara PNV J13544700-5909080.

John Seach, astronom amatir dari Australia, adalah orang pertama yang menyadarinya. Saat mengamati dengan kamera DSLR, Senin (2/12/2013), Seach mendadak menangkap bintang terang dengan magnitudo 5,5. Belum ada bintang seterang itu pada pengamatan sebelumnya, 26 November 2013.

Pada malam berikutnya, Selasa (3/12/2013), astronom amatir Ernesto Guido, Nock Hoves, dan Martino menggunakan teleskop 20 inci untuk mengamati lebih cermat. Terungkap, bintang semakin terang, bersinar dengan magnitudo 4,6.

Diberitakan Sky and Telescope, Selasa (3/12/2013), bintang yang mendadak terang itu terletak di konstelasi Centaurus. Diperkirakan, nova akan semakin terang.

Manusia yang berada di belahan Bumi selatan lintang sedang bisa melihat nova ini. Nova berada di wilayah selatan langit pada fajar. Untuk mengamatinya, lokasi tepatnya bisa dilihat di situs web skyandtelescope.com.

Nova adalah bentuk dari ledakan bintang. Nama "nova" berasal dari bahasa latin yang berarti "bintang baru". Disebut demikian karena biasanya relatif redup. Fenomena nova bisa merujuk pada bintang yang tiba-tiba kembali menyala setelah tidur panjang.

Selain nova, ada pula fenomena yang disebut supernova dan hipernova, merujuk pada fenomena ledakan bintang yang lebih dahsyat dari nova.