Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Dinosaurus Ini Terjual Rp 7,8 Miliar

Kompas.com - 28/11/2013, 21:42 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Kerangka dinosaurus terjual dengan harga Rp 7,8 miliar dalam acara bertajuk Evolution Sale yang diselenggarakan di Summers Place Auctions di Billingshurst, West Sussex, Inggris, pada Rabu (27/11/2013).

Kerangka dinosaurus yang terjual itu masih utuh dan dinamai Misty, kepanjangan dari "Mistery Quarry". Kerangka yang merupakan fosil dinosaurus dengan panjang 16,5 meter dan tinggi 4 meter ini adalah fosil pertama yang dilelang di Inggris.

Kerangka ini ditemukan pada tahun 2009 oleh anak paleontolog Jerman bernama Raimund Albersdorfer. Butuh sembilan minggu untuk menguak seluruh bagian fosil Misty. Selesai penggalian, Misty dibawa ke laboratorium di Belanda. Perangkai tulang dinosaurus Aart Walen lalu mulai menyusun tulangnya.

Error Fuller, kurator lelang tersebut, mengatakan bahwa Misty adalah temuan langka. "Hanya ada sekitar enam temuan macam ini yang disimpan di museum-museum besar dunia, termasuk di Pittsburg dan Washington," katanya seperti dikutip The Guardian, Rabu.

"Anda bicara tentang sesuatu yang sangat langka. Bahkan, bila Anda beruntung untuk menemukan satu di suatu tempat, penggalian dan persiapannya membutuhkan penanganan yang luar biasa sulit," imbuhnya.

Mengangkat Misty dari tanah tempatnya terkubur memakan waktu dan tenaga. "Batu yang telah menyatu sulit untuk dipisahkan dengan tulang, dan Anda tak bisa menggunakan palu karena tulang sangat rentan," ujar Fuller lagi.

Misty diperkirakan hidup 150.000 milenium lalu. Penemuan Misty sendiri menyimpan cerita unik. Semula, Albersdorfer meminta anak-anaknya pergi meninggalkannya yang sedang melakukan penggalian. Tetapi, ternyata justru anak-anaknya, Benjamin dan Jacob, yang menemukan dinosaurus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com