Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggelikan, Celana Dalam Astronot Dibuang ke Atmosfer Bumi

Kompas.com - 13/11/2013, 14:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Astronot Amerika Serikat, Chris Hadfield, mengungkap fakta paling menggelikan tentang sisi lain kehidupan di luar angkasa dalam acara talk show, Conan, yang dipandu Canon O'Brien, Selasa (12/11/2013).

Fakta menggelikan itu adalah kebiasaan mencuci astronot di luar angkasa, termasuk membuang celana dalam ke atmosfer Bumi.

Hal tersebut terungkap ketika O'Brien menanyakan bagaimana astronot mencuci di antariksa. Ia tertarik menanyakan hal tersebut karena pasti astronot juga menghadapi masalah pakaian yang bau dan lengket sementara air terbatas.

Merespons pertanyaan, Hadfield menjawab, "Perlu banyak air untuk menjalankan mesin cuci dan kami bahkan tak memilikinya. Jadi, kami tak bisa melakukannya."

Hadfield mengungkapkan, astronot memakai pakaian selama beberapa hari hingga merasa tak nyaman. Ketika sudah tak nyaman, astronot menaruh pakaian dalam bak sampah. Ketika bak sampah penuh, bak itu kemudian didorong ke luar dan dilempar jatuh ke atmosfer Bumi. Ini juga berlaku bagi celana dalam.

Cerita Hadfield ini membuat O'Brien dan penonton tertawa terbahak-bahak.

"Tunggu dulu, apa maksudmu, jadi kau lempar celana dalammu dan kemudian menghujani kita," cetus Hadfield sambil tertawa.

Hadfield cuma menjawab, "Jadi, kalau Anda melihat ke luar, ada sedikit partikel seperti debu di sinar Matahari, itu mungkin celana dalam saya."

Begitulah. Ada banyak sisi lucu kehidupan di antariksa. Kala bertugas di International Space Station (ISS), Hadfield mengungkap banyak sisi kehidupan di antariksa.

Astronot lain, Karen Nyberg, mengikuti jejak Hadfield. Nyberg pernah mengungkap bagaimana astronot keramas di stasiun luar angkasa.

Juga bagaimana cara astronot buang hajat saat tinggal di stasiun antariksa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com