Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Tertinggi di Amerika Utara Memendek

Kompas.com - 13/09/2013, 22:55 WIB

KOMPAS.com — Puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dilaporkan telah menyusut, menurut data baru yang dirilis oleh lembaga Survey Geologi Amerika Serikat (USGS).

Berdasarkan pengukuran terakhir, tinggi Gunung McKinley yang terletak di negara bagian Alaska ternyata menyusut sekitar 25,29 m, lebih pendek daripada sebelumnya.

Berdasarkan ukuran sekarang tinggi gunung ini adalah 6.166 m. Gunung itu terakhir kalinya secara resmi diukur pada tahun 1952, kata para peneliti.

Pada saat itu, tinggi gunung tercatat pada angka 6.194 m.

USGS berspekulasi bahwa ketinggian berkurang bisa jadi karena teknologi pengukuran saat ini lebih akurat atau karena "perbedaan iklim."

Lembaga ini kemudian merilis data tersebut sebagai bagian dari upaya untuk memperbarui semua peta topografi Alaska.

Pengukuran baru ini dilakukan pada 2012 menggunakan radar Interferometric Synthetic Aperture, yaitu sebuah teknologi yang dirancang untuk melacak bentuk digital geografis yang kecil.

Gunung McKinley, tujuan populer klik pendaki gunung di AS yang juga dikenal dengan nama Denali, terletak di Taman Nasional Denali di negara bagian Alaska.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com