Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpotret Kamera, Katak Ikut "Meluncur" Bersama Wahana LADEE

Kompas.com - 13/09/2013, 10:23 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis beberapa foto momen peluncuran wahana Lunar Atmosphere and Dust Environment Explorer (LADEE) dari Wallops Flight Facility, Virginia, pada Jumat (6/9/2013).

Ada satu foto NASA yang paling menarik perhatian. Bukan momen peluncuran atau wahana LADEE-nya yang menarik untuk dilihat dalam foto itu, melainkan karena adanya katak yang tertangkap ikut terangkat bersama wahana antariksa.

NASA menyatakan bahwa katak dalam foto itu nyata, bukan rekayasa. "Tim foto mengonfirmasi bahwa katak itu nyata dan terpotret dalam foto yang sama oleh salah satu kamera yang digunakan untuk mengabadikan proses peluncuran," demikian dinyatakan NASA.

Allard Beutel, juru bicara NASA, seperti dikutip International Business Times, Jumat (13/9/2013), mengatakan, "Ada 8-9 foto dalam urutan itu. Namun, foto ini adalah satu-satunya yang menunjukkan adanya katak."

Universe Today, Kamis (12/9/2013), mewartakan bahwa di landasan peluncuran Wallops Flight Facility, Virginia, terdapat kolam dengan air yang digunakan untuk melindungi landasan dari kerusakan dan kebisingan saat peluncuran.

"Kolam yang ada mungkin menjadi tempat menarik bagi katak untuk hidup. Katak dalam foto mungkin berada di kolam itu saat peluncuran. Saat wahana LADEE terangkat karena gaya dorong roket, si katak juga ikut terangkat.

Terpotretnya satwa liar saat peluncuran wahana atau pesawat luar angkasa bukan cuma terjadi kali ini. Saat peluncuran misi STS-114 (pesawat ulang alik Columbia) tahun 2005, tertangkap ada burung yang terbang ke arah tangki pesawat ulang alik yang diluncurkan.

Peristiwa lain adalah saat peluncuran misi STS-119 (pesawat ulang alik Discovery) pada tahun 2009. Ada kelelawar yang menempel di tangki pesawat ulang alik itu. Selain itu, kawanan sapi melintas terekam dalam percobaan peluncuran SpaceX Grasshopper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com