Tujuh Fauna dengan Rupa Paling Menyeramkan

Kompas.com - 03/09/2013, 19:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Beberapa hewan tampak manis dan lucu, tetapi tak jarang pula yang buruk rupa dan tampak bagaikan setan. Apa saja hewan-hewan bermuka setan itu? Berikut daftarnya seperti dirangkum National Geographic.

Tokek ekor daun

Tokek ekor daun spesies Uroplatus phantasticus mungkin merupakan salah satu hewan yang paling mirip setan. Fauna ini tampak sinis, punya mata merah dan tanduk kecil, yang membuatnya tampak mengerikan.

U phantasticus merupakan spesies terkecil dalam famili tokek berekor daun (uroplatus) yang tinggal di hutan Madagaskar.

Meski buruk rupa, banyak orang tetap berminat menjadikan spesies ini sebagai piaraan. WWF menyebut, tahun 2004, golongan uroplatus merupakan salah satu fauna paling terancam.

Ikan sungut ganda

NOAA Ikan sungut ganda (anglerfish)

Jenis ikan sungut ganda atau anglerfish terdiri atas 200 spesies. Ikan ini punya organ semacam tongkat yang tertancap di kepala dan kaya bakteri bioluminesens untuk menarik mangsa.

Fauna ini punya kebiasaan kawin yang unik. Ikan sungut ganda laut dalam jantan menyukai betina yang lebih besar. Pejantan akan menautkan diri pada betina dengan giginya sebelum fertilisasi.

Yang lebih mengagumkan adalah kekuatan betina ikan sungut ganda. Satu betina ikan sungut ganda bisa kawin dengan pejantan sekaligus.

Kadal berduri

Theo Allofs/Corbis Moloch horridus

Kadal berduri (Moloch horridus) tampak mengerikan karena tubuhnya tampak berduri. Nama fauna ini diambil dari nama Dewa Moloch.

Meski terlihat mengerikan, mangsa hewan ini cuma semut. Saat merasa terancam, fauna ini akan menurunkan kepalanya sehingga tubuh berdurinya terekspos, membuat takut predatornya.

Lebah bertanduk panjang

Mark Moffet Lebah tanduk panjang

Lebah bertanduk panjang hidup di Amerika Selatan. Hewan ini tampak mengerikan karena tanduk dan mata besarnya. Hewan ini dinyatakan terancam oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

"California condor"

ZSSD/Minden Pictures/Corbis California Condor

Hewan ini punya bulu hitam. Apa yang membuatnya diasosiasikan mirip setan adalah karena banyak orang California menghubungkan burung ini dengan kematian dan suasana berkabung.

Laba-laba berwajah raksasa

Nicky Bay/Science Photo Library Laba-laba berwajah raksasa

Laba-laba berwajah raksasa masuk dalam famili Deinopidae. Laba-laba ini menghasilkan jaring-jaring yang ditahan dengan empat kaki depannya, berguna untuk memerangkap mangsa.

"Basking shark"

Alex Mustard Basking shark

Basking shark merupakan spesies ikan kedua terbesar setelah hiu paus. Hewan ini punya mulut yang hampir selalu terbuka dan ukuran raksasa, sekitar 10 meter.