Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Globe Tertua, Benarkah Terkait Leonardo da Vinci?

Kompas.com - 26/08/2013, 08:19 WIB

KOMPAS.com — Globe (bola dunia) tertua ditemukan di  Florence, Italia, diperkirakan dibuat awal tahun 1500-an dari 2 buah bagian bawah telur unta. Globe diukir (digambar) dengan detail yang samar-samar tentang peta Amerika berdasarkan sumber yang berhasil dikumpulkan oleh para penjelajah Eropa seperti Christopher Columbus dan Amerigo Vespucci.

Menurut Washington Map Society, globe tersebut juga dihiasi dengan gambar monster, gelombang yang terjalin satu sama lain, bahkan seorang pelaut. Penemuan ini mengundang rasa penasaran peneliti asal Belgia S Missinne, mengenai seluk beluk globe mulai dari asal, tanggal dibuatnya, geografinya, dan lain-lainnya.

"Setelah semua orang tidak mengetahui mengenai seluk beluk globe tertua ini, dan ini merupakan penemuan yang langka, maka saya bersemangat untuk meneliti lebih jauh lagi. Semakin banyak penelitian yang telah kami lakukan maka kami akan menemukan sebuah hasil penelitian yang besar," ujar S Missinne.

Pemiliknya adalah seorang anonim yang membeli globe tua tahun 2012 saat acara London Map Fair, mengizinkan Missinne, untuk meneliti lebih lanjut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penanggalan radiokarbon, pengujian topografi komputer, pengujian tinta, analisis geografi, kartografi, dan sejarah.

Dari hasil penelitian diperkirakan globe dibuat sekitar tahun 1504. Meskipun si pembuat bola dunia tersebut tidak diketahui, Missinne menduga karya ini ada hubungannya dengan Leonardo da Vinci. Peneliti melihat beberapa kesamaan antara ukiran kapal yang berada di globe dan karya seni lain yang terkait dengan Leonardo. (Umi Rasmi/National Geographic Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com