Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kera Besar Ternyata Juga Bisa Berenang dan Menyelam

Kompas.com - 22/08/2013, 11:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com
 — Untuk pertama kali, ilmuwan berhasil mendokumentasikan perilaku berenang kera. Sebelumnya, kera dianggap tidak dapat berenang.

Dokumentasi perilaku berenang kera berupa video yang merekam seekor simpanse bernama Cooper. lebih dari sekadar berenang, simpanse ini juga menyelam hingga beberapa meter di bawah permukaan air.

"Kami sangat terkejut saat simpanse Cooper menyelam beberapa kali ke sebuah kolam renang di Missouri dan terlihat sangat nyaman," kata Renato Bender, peneliti dari University of Witwatersrand.

"Ini adalah perilaku yang sangat mengejutkan bagi hewan yang semula diduga takut air," sambung Bender yang berperan mendokumentasikan perilaku ini, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (21/8/2013).

Dokumentasi perilaku berenang lainnya adalah rekaman video seekor orangutan bernama Suryia yang hidup di Kebun Binatang Carolina Selatan. Orangutan itu berenang sejauh 12 meter tanpa asistensi.

Baik simpanse maupun orangutan berenang dengan gaya dada, membuat mereka berbeda dengan manusia yang biasanya menggunakan gaya kayuh anjing.

Peneliti menduga, gaya dada merupakan adaptasi gaya hidup simpanse dan orangutan bergelantungan di atas pohon yang mengandalkan tangan dan kaki, tidak seperti manusia yang berjalan di atas tanah dengan kaki saja.

Peneliti menyatakan bahwa hasil riset ini menggarisbawahi perlunya studi tentang perilaku berenang pada kera dan evolusinya.

"Kita masih belum tahu sejak kapan moyang manusia berenang dan menyelam secara berkala," kata Nicole Bender yang juga terlibat dokumentasi ini.

"Perilaku kera besar di air selama ini diabaikan dalam antropologi," katanya. Hasil riset ini dipublikasikan di American Journal of Physical Anthropology pada 30 Juli 2013 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com