Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

354 Sol Curiosity di Mars dalam Satu Fitur Interaktif

Kompas.com - 06/08/2013, 20:15 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com
 — Kendaraan antariksa Curiosity hari ini, Selasa 96/8/2013), telah setahun berada di Mars. Apa saja yang telah dicapai kendaraan tersebut dalam menunaikan tugasnya? Apa saja momen-momen penting dalam setahun Bumi Curiosity di Mars?

Situs web New York Times membuat fitur interaktif perjalanan Curiosity selama setahun di Mars. Rekam jejak menyuguhkan kegiatan Curiosity sol (istilah untuk hari di Mars yang 40 menit lebih lama dari hari di Bumi) per sol di Mars.

Dalam fitur interaktif itu, kegiatan Curiosity dibagi menjadi sembilan bagian, di tempat pendaratan, analisis batu Jake, memasuki wilayah Rocknest, berada di Yellowknife Bay, pengeboran batu John Klein, mengalami masalah, saat mars berada di balik Matahari, Comberland, dan Shaler.

Beberapa momen penting Curiosity adalah pada sol 0 di mana kendaraan antariksa berbiaya 2,5 miliar dollar AS tersebut mendarat di Kawah Gale selebar 153,6 km setelah proses 7 menit yang disebut "7 Minutes Terror".

Momen berikutnya adalah pada sol 46 di mana Curiosity membuat kontak pertama dengan batuan Mars, yaitu Jake. Hasil penelitian kemudian mengungkap bahwa batu jake memiliki kesamaan dengan batuan di Bumi.

Pada sol 63, Curiosity mendeteksi obyek terang di Mars. Sempat ada berbagai spekulasi terkait obyek terang tersebut. Namun, akhirnya ditemukan bahwa obyek terang itu tak lain adalah bagian dari Curiosity itu sendiri, bukan obyek yang memang asli Mars.

Sol 183, Curiosity melakukan pengeboran pertama pada batu John Klein. Hasil pengeboran mengungkap bahwa Mars memiliki tanah liat dan mineral pendukung kehidupan serta mungkin juga air yang bisa diminum.

Fitur interaktif tersebut bisa dilihat pada link berikut. Curiosity kini masih harus berjalan menuju kaki Gunung Sharp, tujuan utamanya. Tujuan utama Curiosity adalah meneliti kemungkinan Mars mendukung kehidupan di masa lalu serta peluang astronot mendarat di Mars.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com