Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bulan Saturnus Berpapasan di Angkasa

Kompas.com - 01/08/2013, 22:47 WIB

KOMPAS.com — Dua satelit (bulan) milik Planet Saturnus, Mimas dan Pandora, menunjukkan betapa berbedanya ukuran mereka saat berpapasan. Bentuk keduanya tampak dalam hasil foto 14 Mei 2013 lalu yang diambil wahana antariksa Cassini.

Ukuran Pandora yang jauh lebih kecil menunjukkan bahwa ia kurang memiliki gravitasi untuk menarik dirinya sendiri ke bentuk yang lebih bundar seperti saudaranya yang lebih besar, Mimas. Para pakar meyakini bentuk Pandora yang memanjang (sekitar 81 kilometer) menyimpan petunjuk bagaimana ia dan bulan lainnya di sekitar cincin Saturnus terbentuk.

Foto ini diambil dengan cahaya biru dari kamera bersudut sempit milik Cassini. Hasil foto Mimas didapat dari jarak sekitar 1,1 juta kilometer. Skala foto sekitar tujuh kilometer per piksel. Sementara foto Pandora diambil dari jarak 1,2 juta kilometer dengan skala juga tujuh kilometer per piksel.

Misi Cassini-Huygens sendiri merupakan proyek kerja sama antara Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) bersama Agensi Antariksa Eropa (ESA) dan Agensi Antariksa Italia. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com