Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Desak Pembentukan Komnas Hewan

Kompas.com - 30/07/2013, 00:37 WIB
Ariane Meida

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dian Paramita dan Aulia Ferizal, pembuat petisi peduli hewan di situs Change.org, melanjutkan tuntutan mereka untuk meningkatkan kepedulian terhadap hewan dengan membentuk Komnas Pelindungan Hewan lewat petisi change.org/komnashewan.

Baru 24 jam diluncurkan, petisi tersebut sudah mendapat dukungan lebih dari 2.800 orang. Aulia adalah pembuat petisi untuk kasus pembantaian gajah di Aceh (change.org/papagenk) dan Dian Paramita adalah pembuat petisi untuk kasus "Melisa" si harimau sumatera yang badannya kering kerontang di Kebun Binatang Surabaya (change.org/saveKBS).

Bersama Change.org, mereka kini tengah menggalang suara dukungan melalui petisi pembentukan Komnas Hewan untuk dibawa kepada Presiden.

"Belum ada lembaga yang background-nya betul-betul peduli kepada binatang," ujar Dian dalam Diskusi Darurat Hewan, Senin (29/7/2013), di Kantor Change.org, Jakarta.

Acara diskusi yang bertajuk Darurat Hewan dan Pembentukan Komnas Hewan ini dihadiri oleh Wakapolri Nanan Soekarna, Host Program Petualangan TV Swasta Medina Kamil, Intelektual NU Zuhairi Misrawi, penggagas petisi change.org/saveKBS Dian Paramita, penggagas petisi change.org/papagenk Aulia Ferizal, dan dimoderatori oleh Communication Director Change.org Arief Aziz.

Dalam diskusi, Zuhairi mendorong gerakan ini agar menjadi bagian dari peradaban bangsa dengan melibatkan berbagai pihak, dalam hal ini juga lembaga-lembaga Islam, seperti NU dan Muhammadiyah.

"Gerakan ini harus menjadi bagian dari peradaban bangsa dan merangkul berbagai kelompok. Saya siap untuk mendukung gerakan ini," kata Zuhairi.

Sementara Wakapolri Nanan Soekarna menjabarkan peliknya penegakan hukum terhadap praktik-praktik kekerasan terhadap hewan. Pasalnya, masih banyak yang menganggap hewan langka seperti gajah sebagai hama yang mengganggu tanaman di kebun mereka.

"Mana yang harus didahulukan, perikemanusiaan atau perikebinatangan? Kita tidak hanya harus menegakkan hukum, tetapi juga menjaga keamanan dan ketertiban. Tidak hanya main tangkap, tapi juga harus memikirkan eksesnya," jelas Nanan Soekarna.

Sementara itu, Dian dan Aulia menceritakan, mereka telah difasilitasi oleh Change.org untuk bertemu dengan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada Selasa (23/7/2013) di Kantor Kementerian Kehutanan. Namun, Dian menyayangkan karena petisi pembentukan Komnas Hewan tersebut ternyata tidak direspons oleh sang menteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com