Serangga Terbesar, Gigitannya Sanggup Mematahkan Pensil!

Kompas.com - 23/07/2013, 21:10 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Serangga apa yang ukurannya paling besar di dunia? Jawabannya adalah Titanus giganteus atau sering disebut sebagai kumbang titan. Serangga ini bisa tumbuh hingga ukuran 18 sentimeter.

Berhabitat di wilayah hutan Amerika Selatan, kumbang ini menarik karena walaupun ukurannya besar, ternyata tak berbahaya bagi manusia. Larva serangga ini juga masih misterius karena belum pernah dijumpai.

Ilmuwan menduga, larva dari serangga raksasa itu memakan kayu yang melapuk sepanjang hidupnya sebelum menjadi dewasa. Selama fase pupa, serangga ini menabung energi untuk kebutuhan energi di masa dewasa, terbang mencari pasangan.

Saking besarnya ukuran tubuh, serangga ini tak mampu terbang langsung dari permukaan tanah. Spesies ini mesti merangkak naik ke atas pohon terlebih dahulu sebelum terbang. Pejantan jenis ini akan lebih aktif mencari, sementara betina menunggu untuk dikawini.

Kumbang titan mempertahankan diri dari mangsa dengan mendesis dan menggunakan rahangnya yang kuat untuk menggigit mangsa. Rahang hewan ini sangat kuat hingga bisa mematahkan pensil.

Sementara itu, spesies ini juga memiliki kaki kuat dan cakar tajam yang bisa melukai hewan lain ataupun manusia. Meski demikian, hewan ini takkan menyerang kecuali diganggu terlebih dahulu.

Habitat lebah jenis ini di antaranya adalah hutan hujan di wilayah Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana, dan Peru. Individu terbesar kumbang titan yang pernah ditemukan berukuran 16,7 sentimeter didapati di Guyana-Perancis.