Lihat, Apakah Ini Bintang Ganda Baru di Semesta?

Kompas.com - 23/07/2013, 18:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Coba lihat foto di atas. Apakah gambar tersebut menunjukkan dua bintang ganda baru di semesta yang baru bisa terlihat oleh manusia di Bumi? Ternyata tidak. Keduanya adalah dua benda langit yang telah kita kenal sejak sekolah dasar. Ya, keduanya adalah Bumi dan Bulan.

Citra kasar yang dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Senin (22/7/2013), di atas merupakan hasil jepretan kamera wahana antariksa Messenger yang mengorbit Merkurius. Wahana antariksa itu memotret Bumi pada Jumat (19/7/2013) dan Sabtu (20/7/2013) dari jarak 97,6 juta kilometer.

Dalam citra tersebut, tak bisa dimungkiri bahwa Bumi dan Bulan tampak bagai bintang ganda, bintang yang mengorbit satu sama lain. Bumi tampak sebagai lingkaran putih yang berukuran lebih besar, sementara Bulan yang lebih kecil berada di dekatnya.

Menurut NASA, Bumi dan Bulan dalam citra Messenger sebenarnya hanya tampak kurang dari satu piksel. Keduanya tampak besar karena overexposed. Long exposure mesti digunakan untuk bisa menangkap obyek yang redup dan sebagai konsekuensinya citra yang dihasilkan tampak lebih besar dari aslinya.

Foto ini bukanlah foto Bumi pertama yang diambil Messenger. Berdasarkan informasi di situs web NASA, Messenger sebelumnya pernah memotret Bumi pada 6 Mei 2010. Dalam hasil foto saat itu, Bumi dan Bulan juga terlihat seperti dua buah bintang.

NASA Bumi dan Bulan yang dipotret oleh wahana antariksa Messenger pada tahun 2010.

Messenger pada tahun 2010 memotret Bumi dari jarak 183 juta kilometer. Sekilas, jarak pemotretan itu tak masuk akal. Jarak antara Bumi dan Matahari saja hanya 150 juta kilometer. Jarak Bumi - Merkurius yang lebih jauh daripada jarak Bumi - Matahari itu dimungkinkan karena posisi Bumi dan Merkurius dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Messenger merupakan kepanjangan dari Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging. Wahana ini sukses memasuki orbit Merkurius pada 2011. Walaupun baru sebentar menjalankan misi, Messenger berhasil mengungkap rahasia Merkurius, di antaranya bahwa planet terdekat dengan Matahari itu ternyata punya es.