Senin, 1 September 2014

News / Sains

Foto-foto Bumi Paling Spektakuler Sepanjang Masa

Jumat, 19 Juli 2013 | 19:48 WIB
ESA Bumi tampak berbentuk bulan sabit dalam jepretan wahana Rosetta

KOMPAS.com — Sejumlah wahana antariksa berhasil memotret Bumi dari jarak ratusan hingga jutaan kilometer jauhnya. Foto-foto yang dihasilkan sangat memukau. Bumi tampak lebih spektakuler dibandingkan dengan yang dilihat manusia dalam kesehariannya.

Di antara banyak foto-foto Bumi yang dihasilkan, ada sembilan foto yang bisa dianggap paling spektakuler. Apa saja foto-foto itu? Berikut daftarnya.

Pale Blue Dot

NASA Pale Blue Dot

Foto Bumi ini bisa dikatakan sebagai yang paling mengagumkan. Foto diambil pada tahun 1990 dengan wahana antariksa Voyager 1 dari jarak 6 miliar kilometer. Dalam foto tersebut, Bumi tampak sebagai bintik biru kecil berukuran 0,12 piksel. Voyager diluncurkan tahun 1977 dan kini diklaim telah meninggalkan tata surya.

Spot the Dot

NASA Spot the Dot

Foto ini diambil oleh wahana antariksa Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004. Dalam foto yang diambil tahun 2006 itu, Bumi tampak sebagai bintik putih yang seolah-olah berada di dalam cincin Saturnus. Bersama potret Bumi ini, Cassini berhasil menguak cincin Saturnus yang sebelumnya tak diketahui.

Foto Bumi pertama dari antariksa

NASA Wajah Bumi pertama dilihat dari antariksa

Foto Bumi pertama dari antariksa diambil oleh wahana Lunar Orbiter 1 pada 23 Agustus 1966. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menolehkan sejenak wahana tersebut khusus untuk memotret Bumi. Bumi dalam foto ini diambil dari Bulan, jauh dari indah, tampak kasar dan buram.

Bumi terbit dilihat dari Bulan

NASA Pemandangan Bumi Terbit dilihat dari Bulan

Pemandangan Bumi yang terbit dari Bulan diambil oleh kru misi Apollo 8 pada tahun 1968. Bumi hanya tampak separuh, tetapi menampakkan kebiruannya. Misi yang sama menayangkan untuk pertama kali siaran tentang permukaan Bulan.

Bumi di bawah Bulan

JAXA Bumi tampak berada di bawah Bulan dalam foto wahana Kaguya.

Foto ini diambil oleh wahana milik Jepang, Kaguya. Foto diambil pada tahun 2007, di mana Bumi tampak berada di bawah Bulan.

Kelereng biru

NASA Bumi tampak sebagai kelereng biru dalam citra hasil jepretan misi Apollo 17

Kelereng Biru merupakan salah satu foto Bumi paling mengagumkan. Seperti namanya, Bumi terlihat bulat utuh dan berwarna biru. Foto ini diambil dengan oleh kru misi Apollo 17 pada bulan Desember 1972.

Bumi sabit

ESA Bumi tampak berbentuk bulan sabit dalam jepretan wahana Rosetta

Foto ini diambil oleh wahana Rosetta milik European Space Agency (ESA) pada tahun 2007. Bumi tampak seperti sabit berwarna perak. Rosetta tengah dalam perjalanan untuk mendarat di sebuah komet dan diperkirakan sampai pada tahun 2014.

Dua kubah

NASA Bumi dan Bulan dipotret oleh wahana Galileo yang mengorbit Jupiter.

Wahana antariksa Galileo yang mengorbit Jupiter memgambil foto ini pada tahun 1992 dari jarak 6,2 juta kilometer. Dalam foto, tampak Bumi dan Bulan dalam bentuk setengah lingkaran.

Bumi dari Mars

NASA Bumi dan Bulan dipotret wahana Mars Reconnaisance Orbiter

Foto Bumi yang lagi-lagi berbentuk setengah lingkaran ini diambil oleh wahana Mars Reconnaisance Orbiter pada tahun 2007.

Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : Yunanto Wiji Utomo