Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore hingga Malam Ini, Jawa Tengah dan Timur Berpotensi Hujan

Kompas.com - 04/07/2013, 16:14 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anomali suhu muka laut dan adanya wilayah bertekanan rendah di Laut Jawa mengakibatkan sejumlah daerah dilanda atau berpotensi dilanda hujan.

"Mulai sore sampai malam ini Jawa Tengah dan Jawa Timur berpotensi hujan," kata kepala Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatolgi, Geofisika (BMKG), Hariadi, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2013).

Hariadi mengatakan, di wilayah laut Jawa, terjadi anomali suhu muka laut dan wilayah tekanan rendah yang sporadis dan sementara sehingga meningkatkan pembentukan awan.

Karena pengaruh wilayah tekanan rendah di Samudera Hindia yang merata, permanen dan lebih kuat, awan yang terbentuk di Laut Jawa bergerak ke selatan dan timur. Salah satu akibatnya, jakarta diguyur hujan sepanjang hari ini.

Hariadi memerkirakan, awan akan terus bergerak ke arah timur hingga wilayah Jawa Tengah dan Timur pada malam ini sehingga wilayah tersebut pun akan dilanda hujan.

HUjan yang disebabkan oleh anomali di Laut Jawa ini tak akan berlangsung lama, sekitar satu hingga dua hari. Namun, selama anomali suhu muka laut di Samudera Hindia masih ada, wilayah Indonesia belum akan lepas dari potensi hujan walaupun telah memasuki kemarau.

Kemarau pada tahun ini diistilahkan kemarau basah sebab kemarau masih diwarnai hujan. Kemarau ini pernah terjadi tahun 2010 lalu. Indonesia diprediksi terus basah tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com