Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Pun Bakal Terbang

Kompas.com - 13/06/2013, 01:29 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PRAHA, KOMPAS.com — Sepeda yang bisa terbang tak ubahnya pesawat terbang diperlihatkan di Praha, Ceko, Rabu (12/6/2013). Sepeda terbang ini dibuat oleh tiga perusahaan asal Ceko.

Sepeda tersebut berhasil lepas landas dari sebuah pusat ekshibisi di Praha dan kemudian mendarat dengan selamat setelah terbang selama lima menit. Kantor berita AP hari Rabu (12/6/2013) melaporkan, sepeda listrik ini berhasil terbang dengan pengendalian jarak jauh.

Bobot sepeda yang penampakannya mirip sepeda gunung ini mencapai 95 kilogram. Tenaga yang dipakai untuk terbang berasal dari dua baterai yang memutar baling-baling di depan sepeda, dua baling-baling lain di bagian belakang, serta masing-masing satu baling-baling di sisi kiri dan kanan sepeda.

Sebuah boneka ditempatkan di sadel selama pertunjukan prototipe itu. Milan Duchek, Direktur Teknik Duratec, salah satu perusahaan pembuat sepeda, menegaskan, sumber tenaga dari baterai diperlukan sebagai percobaan sebelum tenaga manusia dipakai untuk menggerakkan pedal dan baling-baling sepeda tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com