Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Gunung Padang Jadi Prioritas, Alasan Harus Jelas

Kompas.com - 11/06/2013, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah harus bisa menjelaskan secara akademik mengapa situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjadi prioritas penelitian nasional. Sebab, banyak situs lain yang sudah ditemukan dan membutuhkan riset lanjutan, justru tidak dijadikan prioritas.

Harry Truman Simanjuntak, Guru Besar Arkeologi Prasejarah Universitas Indonesia, mengatakan, selain Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, banyak temuan megalitik di sejumlah daerah di Tanah Air yang membutuhkan riset lanjutan. Misalnya, Sangiran di Jawa Tengah, Goa Harimau di Sumatera Selatan, situs megalitik Lembah Napu dan Bada di Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Barat, serta Lembah Soa di Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Jika situs Gunung Padang dijadikan prioritas penelitian, alasannya harus bisa dipertanggungjawabkan secara akademik," kata Harry Truman Simanjuntak di Jakarta, Senin (10/6/2013).

Di Sangiran, misalnya, peneliti semula beranggapan bahwa manusia Jawa saat itu hanya memakai alat dari bambu dan kayu. Namun kini, peneliti dunia menemukan fakta baru berupa bengkel alat-alat batu di Situs Sangiran.

Penelitian di Lembah Soa Flores juga menemukan fakta baru. "Temuan manusia Flores membuktikan, migrasi manusia purba sampai ke wilayah timur," kata Harry. Riset berskala internasional ini membutuhkan riset lanjutan dan dukungan dana dari pemerintah.

Alat berat

Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia Edi Sedyawati mengingatkan, riset lanjutan untuk mengupas lapisan tanah di bawah situs megalitik Gunung Padang tidak bisa dilakukan secara gegabah, apalagi menggunakan alat-alat berat.

"Lapisan tanah mesti dibuka lapisan demi lapisan. Tidak bisa digali atau dibor begitu saja langsung menuju batu yang dicurigai buatan manusia," kata Edi.

Secara terpisah, Mendikbud Mohammad Nuh menegaskan, penelitian di situs Gunung Padang sudah merupakan kebijakan nasional. Keputusan itu bukan hanya di tangan Kemdikbud, melainkan juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Komite Pendidikan yang dipimpin Wakil Presiden Boediono. Karena itu, penggunaan bunga dari dana abadi pendidikan untuk riset nasional, seperti situs Gunung Padang dan riset mobil listrik, tidak menyalahi aturan.

Nuh pun mengatakan, biaya penelitian untuk situs Gunung Padang tidak sampai Rp 100 miliar karena hanya berupa penelitian awal dan tidak termasuk biaya ekskavasi. (IND/LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com