Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, 13 Rusa Sambar Sitaan Dipindahkan BKSDA

Kompas.com - 11/06/2013, 08:54 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kalimantan Timur baru memindahkan tiga ekor rusa dari 16 rusa sambar yang disita dari areal Telkom Divre VI Kalimantan di Balikpapan, Senin (10/6/2013). Tiga belas rusa sisanya rencananya dipindahkan hari ini, Selasa (11/6/2013).

"Kemarin baru tiga rusa yang bisa kami bius dan pindahkan. Hari ini, sisa 13 rusa, kami pindahkan ke demplot penangkaran rusa Pertamina di Balikpapan," ujar Danang Anggoro, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah III Kaltim, Selasa.

BKSDA menyita rusa-rusa itu karena Telkom Divre VI tidak memiliki izin penangkaran untuk satwa dilindungi dari Kementerian Kehutanan. Rusa-rusa itu ditempatkan di halaman belakang area kantor Telkom Divre VI.

Rusa sambar (Cervus unicolor) berdasarkan PP Nomor 7 tahun 1999, statusnya dilindungi. Sedangkan status internasional sesuai IUCN digolongkan rentan, yaitu menghadapi risiko kepunahan di alam liar, dan populasinya cenderung menurun.

Untuk status perdagangannya, konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar (CITES), belum memasukkan rusa sambar itu dalam kategori apendiks. Sebab, satwa endemik Kalimantan ini jarang diperdagangkan secara internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com