Senja Bersama Merkurius dan Venus hingga Akhir Juni

Kompas.com - 07/06/2013, 16:00 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Mendamba dua planet terdekat dengan Matahari terlihat, hari ini hingga akhir Juni adalah saatnya. Merkurius dan Venus akan menghiasi senja dengan ditemani bulan sabit selama beberapa hari.

Dari wilayah Indonesia, dua planet tersebut akan mulai tampak saat Matahari terbenam. Bagi yang ingin mengamati, waktu yang tersedia sangat sedikit. Sekitar pukul 18.30, dua planet bersuhu panas tersebut sudah akan tenggelam di langit barat.

Untuk mengamati, Geoff Gaherty dari Starry Night Education dalam artikelnya di Space.com, Rabu (5/6/2013), menguraikan bahwa binokular akan sangat membantu. Binokular ukuran 1 x 50 atau 10 x 50 akan sangat berguna.

Jumat hari ini, Merkurius akan tampak dengan magnitud 0,38, sementara Venus akan tampak lebih terang dengan magnitud -3,33. Magnitud menyatakan kecerlangan benda langit, semakin kecil nilai magnitud, semakin cerlang benda langit terlihat.

Selain hari ini, Senin (10/6/2013) nanti mungkin juga jadi saat yang tepat untuk melihat Merkurius dan Venus. Dua planet itu akan ditemani bulan sabit. Cukup melihat ke langit barat untuk menyaksikannya.

Sementara itu, Rabu (12/6/2013) atau minggu depan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para astronom. Merkurius akan mengalami elongasi terbesar, mencapai jarak terjauh dari Matahari, dengan sudut sebesar 24 derajat.

Selama ini, pengamatan Merkurius agak sulit dilakukan karena planet tersebut selalu berjarak dekat dengan Matahari. Cahaya Matahari kadang mengganggu. Jarak yang lebih jauh membantu pengamatan.

Berdasarkan simulasi Stellarium, hingga 20 Juni, Merkurius akan tampak ada di atas Venus dari pengamatan manusia di Bumi. Setelahnya, Venus-lah yang berada di atas. Merkurius sendiri akan tampak hingga tanggal 27 Juni. Venus masih bisa dilihat pada bulan-bulan berikutnya.

Untuk Venus, elongasi atau jarak terjauhnya dengan Matahari baru akan dicapai pada 1 November 2013 mendatang. Saat itu, Venus akan berjarak 47 derajat dengan Matahari. Untuk membayangkan, 10 derajat lebih kurang sama dengan satu kepalan tangan orang dewasa.

Merkurius adalah salah satu planet yang menarik minat ilmuwan. Penelitian mengonfirmasi bahwa Merkurius pernah menjadi surga lautan magma. Selain itu, meski berjarak sangat dekat dengan Matahari, Merkurius ternyata juga punya es.

Venus juga tak kalah menarik. Tahun lalu, tepatnya 6 Juni 2012, planet ini memukau publik dunia setelah transit di muka Matahari. Astronom menggunakan momen itu untuk melihat serta mencoba memperbarui cara penemuan planet baru dengan metode transit.