Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Bisa Menunjukkan Rasa Sakit sejak Dalam Kandungan

Kompas.com - 06/06/2013, 21:59 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah penelitian mengklaim bahwa bayi yang masih dalam kandungan sudah berlatih mimik wajah yang menunjukkan rasa sakit.

Para peneliti dari Universitas Durham dan Lancaster mengatakan, janin bayi memiliki kemampuan menunjukkan rasa sakit melalui ekspresi wajah sebagai sarana mempersiapkan diri menempuh kehidupan setelah dilahirkan.

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pemindaian terhadap 15 janin sehat. Ekspresi wajah janin ini bisa memberi dokter informasi tambahan tentang kesehatan bayi yang belum lahir.

Hasil penelitian menunjukkan janin sudah memiliki kemampuan membuat ekspresi sederhana saat berusia 24 pekan, seperti menggerakkan bibir untuk membentuk senyuman.

Saat kandungan memasuki usia 36 pekan, janin bahkan sudah mampu menunjukkan ekspresi multidimensional yang bisa diartikan menunjukkan rasa sakit.

"Sangat penting bagi janin untuk memiliki kemampuan menunjukkan rasa sakit segera setelah dia lahir sehingga mereka bisa menyampaikan setiap rasa sakit yang mungkin mereka rasakan," kata Dr Nadja Reissland dari Departemen Psikologi Universitas Durham yang memimpin riset ini.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa janin yang sehat bisa belajar menggabungkan gerakan wajah yang diperlukan jauh sebelum mereka dilahirkan," lanjut Dr Nadja menjelaskan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal kesehatan Plos One itu.

"Ini berarti kita bisa menentukan perkembangan normal ekspresi wajah dan juga kemungkinan pertumbuhan abnormal janin tersebut. Fakta ini juga bisa memberikan indikasi medis lanjutan terkait dengan kondisi kesehatan janin," ujar Dr Nedja menegaskan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com