Senin, 24 November 2014

News / Sains

Eurobike 2013

Inilah Trend Sepeda Tahun 2014

Rabu, 15 Mei 2013 | 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda yang bagaimana yang akan menjadi trend pada tahun 2014?

Jawaban atas pertanyaan tersebut mungkin bisa diintip di pameran sepeda terbesar dunia, Eurobike, yang akan berlangsung tanggal 28-31 Agustus 2013 di Friedrichshafen, Jerman.

Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, Eurobike 2013 akan menjadi ajang pamer berbagai inovasi teranyar dunia persepedahan untuk trend tahun berikutnya.

Tidak melulu sepeda konvensional yang mengandalkan tenaga gowesan, di pameran yang biasa dikunjungi ribuan orang dari berbagai negara ini biasanya dipamerkan juga sepeda-sepeda listrik dengan teknologi teranyar.

Dalam siaran persnya yang diterima Kompas, Rabu (15/5/2013), penyelenggara pameran mengabarkan, pasar sepeda balap tahun 2014 akan semakin kuat.

"Di banyak negara Asia, olah raga balap sepeda sedang booming," kata Wolfgang Köhle, Juru Bicar Penyelenggara Pameran Eurobike 2013.

Di China misalnya, penjualan balap sepeda meningkat hingga tiga kali lipat dalam setahun lalu. Pada saat yang sama, pasar sepeda balap juga berkembang dengan pesat di Amerika Serikat setelah periode "hibernasi" industri mereka akibat krisis ekonomi.

Perkembangan ini membuat industri sepeda di mana pun lebih bersemangat. Teknologi dan inovasi baru pun terus dikembangkan untuk memikat para penggemar balap sepeda, termasuk di negara-negara Eropa.

Teknologi rem Rem cakram (di sepeda balap) misalnya, akan menjadi trend yang menarik dan ditemukan di produk-produk sepeda balap terbaru.

Para produsen mencoba menggabungkan tuas rem hidrolik pada sepeda balap dengan rem cakram.

Pabrikan rem Tektro dari Taiwan misalnya, telah mengumumkan temuan mereka untuk teknologi rem cakram pada sepeda balap.

Mereka memvariasikan sistem kabel klasik dengan kekuatan silinder hidrolik untuk menekan kaliper.

Begitu pula, pemasok komponen SRAM asal Amerika Serikat telah mengambil langkah-langkah serupa dengan memperkenalkan generasi rem baru untuk sepeda-sepeda balap tahun 2014.

Di sisi lain, walaupun bukan hal baru, sepeda balap dengan 11 gir juga akan menjadi standar untuk sepeda-sepeda balap tahun depan.

Setidaknya hal tersebut sudah disiapkan oleh para pemimpin industri sepeda. Setelah Shimano dan Campagnolo, pemasok komponen SRAM juga telah mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke sproket dengan gir 11 pada sepeda balap.

Hal itu akan tergantung pada apakah crankset dua atau tiga, yang ini kemudian akan menghasilkan sepeda dengan 22 atau 33 kecepatan.

Di samping berbagai tren teknis, dalam sepeda -sepeda yang dipamerikan dalam Eurobike 2013 itu juga tetap akan mengedepankan estitika.

Warna hitam dengan polesan atau aksen warna-warna cerah tampaknya akan menjadi tampilan pada berbagai sepeda gunung maupun balap.

 


Penulis: Agus Hermawan
Editor : Tjahja Gunawan Diredja