Sabtu, 29 November 2014

News / Sains

Malam Ini, Malam Terbaik untuk Mengamati Saturnus

Minggu, 28 April 2013 | 17:22 WIB

KOMPAS.com - Bagi warga Indonesia, Minggu (28/4/2013) adalah malam terbaik untuk melihat Saturnus. Planet ini mencapai posisi terdekatnya dengan Bumi atau oposisi.

Saturnus sebenarnya mencapai posisi terdekatnya dengan Bumi pada Senin (29/4/2013) sekitar pukul 08.30 WIB. Namun, Matahari pagi tentu menghalangi pengamatan. Sebagai gantinya, pengamatan yang tetap akan menjadi yang terbaik di tahun 2013 bisa dilakukan Minggu malam ini.

Malam nanti, Saturnus akan bersinar terang. Berdasarkan simulasi di aplikasi Stellarium, tingkat kecerlangan atau magnitud Saturnus sekitar 0,33.

Dengan kecerlangan tersebut, Saturnus bisa dilihat dengan mata telanjang. Tentu saja, syaratnya bila tak ada awan yang menghalanginya. Saturnus akan tampak sepanjang malam, setelah Matahari tenggelam hingga menjelang fajar.

Untuk pengamatan lebih baik, tentu dibutuhkan teleskop. Malam ini, Saturnus sedang condong ke arah Bumi sehingga memungkinkan manusia mengamati struktur cincinnya pada sudut yang terbaik.

"Saturnus dikenal sebagai planet paling cantik yang kita tahu. Dan ini adalah hari dimana Saturnus punya potensi besar untuk dilihat paling jelas, bukan hanya selama tahun 2013 tetapi juga dalam beberapa dekade terakhir," kata Bob Herman, editor majalah Astronomy.

Pada oposisi kali ini, dengan teleskop, manusia di Bumi juga punya peluang untuk mengamati badai misterius di Saturnus.

"Di sekitar kutub utara Saturnus, yang sekarang bisa dilihat paling baik dalam dua dekade terakhir, ada heksagon, masing-masing dari sisinya lebih besar dari keseluruhan planet Bumi," kata Berman seperti dikutip Space, Sabtu (27/4/2013).

Asal usul dari fitur tersebut masih misterius. Karena letaknya, fitur itu juga sulit diamati. malam ini adalah kesempatan terbaik mengamatinya.

Bagi yang tak memiliki teleskop, oposisi Saturnus dan fenomena di Saturnus yang mungkin dilihat, bisa dilihat secara online di situs Slooh.com pada Senin besok pukul 08.30 WIB. Berman akan menjadi komentator dalam hasil observasi teleskop yang ditayangkan di situs itu.

Oposisi kali ini dipercaya sebagai salah satu posisi Saturnus terbaik. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat planet gas bercincin ini.

 


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : yunan
Sumber: