Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mapala UI Gelar "Run Foriver" Peduli Ciliwung

Kompas.com - 25/04/2013, 17:44 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung makin parah. Banyak DAS diurug untuk pengembangan perumahan. Sementara, sampah terus dibuang ke aliran sungai, mengganggu biota sungai terbesar yang membelah jakarta itu.

Prihatin dengan kondisi tersebut Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) tergerak untuk berperan. Mereka berencana untuk mengadopsi Sungai Ciliwung. Sungai sepanjang 140 km itu akan dipenggal sesuai rukun warga, dilihat kebutuhannya dan diawasi.

Sebagai awal dari gerakan itu, Mapala UI berniat mengampanyekan gerakannya lewat program Run Foriver. Gerakan ini akan dimuali dengan Mapala UI Half Marathon yang akan diselenggarakan pada Minggu , 12 Mei 2013 di Kampus UI, Depok.

"Kita ingin Sungai Ciliwung menjadi laboratorium alam kita, tempat bermain kita. Marathon ini adalah awal dari gerakan. Kita mencoba untuk mengampanyekan," ungkap Muhammad Ismatullah, Ketua Mapala UI dalam diskusi dan konferensi pers Mapala UI Half Marathon, Kamis (25/4/2013).

Lomba lari bisa diikuti oleh siapapun. Dengan mengikuti program ini, setiap pelari akan menyumbangkan satu pohon untuk ditanam dan dirawat selama 3 tahun oleh Mapala UI. Lokasi penanaman di hulu Ciliwung di Cisarua.

"Untuk penanaman, kita akan lakukan di daerah yang telah dirambah sehingga bisa ditanami kembali," kata Ismatullah. Pihak Mapala UI menyebutkan, gerakan untuk Ciliwung akan dilakukan secara berkelanjutan hingga tercapainya Ciliwung bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com