Selasa, 25 November 2014

News / Sains

Kerangka "Romeo dan Juliet" Ditemukan

Selasa, 23 April 2013 | 20:44 WIB

KOMPAS.com — Temuan kerangka manusia dari masa lalu memang umum. Namun, bagaimana jika kerangka yang ditemukan adalah sepasang kekasih dan ditemukan dalam posisi bergandengan tangan? Ini seperti menemukan kerangka Romeo dan Juliet.

Arkeolog dari Cluj-Napoca Institute of Archaeology and History of Art menemukan kerangka dengan karakteristik tersebut. Ia menemukannya setelah melakukan penggalian di lokasi bekas biara Dominikan.

Peneliti utama dalam ekskavasi ini, Adrian Rusu, mengatakan, "Ini misteri. Penguburan macam itu pada masa lalu langka. Kami percaya bahwa pria yang ditemukan kerangkanya itu mati karena luka parah hingga bagian panggul patah."

Forever holding hands:

Karena kerangka perempuan yang ditemukan menunjukkan bahwa perempuan itu dalam kondisi sehat, maka Rusu dan timnya menduga bahwa sang perempuan mati karena patah hati akibat ditinggalkan pasangannya.

Belum jelas bagaimana perempuan yang ditemukan kerangkanya itu meninggal. Namun, karena bunuh diri dianggap dosa pada masa itu, kemungkinan bahwa perempuan itu bunuh diri kecil. Jika memang perempuan itu melakukannya, maka jasadnya takkan dikubur dengan posisi seperti saat ditemukan.

"Mereka pasti dikuburkan bersama sebagai penghormatan akan cinta yang mereka miliki," kata Rusu seperti dikutip Daily Mail, Senin (22/4/2013). Dua kerangka tersebut diperkirakan berasal dari tahun 1450-1550. Kerangka lain ditemukan, tetapi diduga tak berhubungan dengan dua kerangka itu.


Penulis: Yunanto Wiji Utomo
Editor : yunan
Sumber: