Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pelajaran Cinta dan Seks dari Bonobo

Kompas.com - 19/04/2013, 16:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Bonobo merupakan primata besar yang memiliki kedekatan dengan manusia. Biolog Frans de Waal yang tekun meneliti spesies ini mengungkapkan bahwa salah satu yang menonjol dari bonobo adalah aktivitas seksualnya. Bonobo menggunakan seks sebagai alat meredakan konflik.

Christopher Ryan, peneliti yang menguak misteri seksualitas manusia dalam bukunya Sex At Dawn, mengungkapkan bahwa manusia bisa belajar banyak hal dari bonobo tentang cinta dan seksualitas sambil merenungkan kemiripannya. Beberapa yang bisa dipelajari adalah sebagai berikut.

Lebih banyak seks = lebih sedikit konflik

Saat dua pejantan bonobo tegang dan ingin berkelahi, bonobo lain mulai bercinta satu sama lain. Alhasil, kondisi yang semula tegang mereda. Bonobo kemudian saling bercinta. Ini mungkin tampak seperti orgy pada manusia, tetapi intinya, bercinta lebih baik daripada bertengkar.

Hubungan yang sama antara seks dan konflik pada bonobo, berdasarkan penelitian, juga dijumpai pada manusia. Seks pada manusia juga memiliki peran untuk meredakan konflik meskipun bukan dalam bentuk ramai-ramai seperti pada bonobo.

Peran betina

Pada bonobo, betina punya peran penting dalam mengatur. Yang luar biasa, dengan kekuatan betina, seluruh kelompok bisa hidup lebih baik. Ini mengajari betapa penting peran perempuan dalam hidup manusia.

Kekuatan persahabatan antarbetina

Meskipun betina bonobo punya ukuran 20 persen lebih kecil dari jantan, betina kuat bila bersatu. Sekali pejantan melecehkan satu betina, betina lain akan bersatu menyerang pejantan. Solidaritas betina, dipadu dengan seks, membuat pejantan bersikap lebih "sopan".

Seks bukan cuma soal orgasme

Bonobo juga romantis, mengajarkan manusia bahwa seks tak melulu soal orgasme. Bonobo pandai membelai, mencium, saling berpegang tangan dan kaki, serta saling memandang saat berhubungan seksual. Bila manusia melakukannya, pasangan pasti akan lebih senang.

Cemburu sama sekali tak romantis

Bonobo sama sekali tak khawatir tentang pasangannya. Mereka tak mengekang pasangan maupun menggosipkan banyak hal tentangnya. Bonobo menikmati hubungan yang sehat. Walaupun, memang, bonobo bukan penganut monogami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com