Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Menristek Lebih Murah dari Tucuxi Dahlan Iskan

Kompas.com - 12/04/2013, 19:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengembangan mobil sedan listrik Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta menelan dana lebih sedikit dari mobil listrik Dahlan Iskan, baik Tucuxi maupun Selo.

Ada kabar bahwa pengembangan mobil sedan listrik Menristek "hanya" menelan dana Rp 500 juta. Namun saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013), Gusti mengatakan, "Saya lupa persisnya Rp 500 juta atau lebih. Tapi yang pasti di bawah Rp 1 miliar."

Dengan biaya tersebut, sedan listrik yang direncanakan akan diberi nama Hevina Sedan itu bakal jauh lebih murah dari Tucuxi dan Selo.

Sebelumnya, pengembangan Tucuxi menelan dana hingga Rp 3 miliar. Sementara itu, mobil listrik Selo yang dikembangkan Dahlan Iskan setelah Tucuxi menelan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Hevina Sedan bisa dikatakan hanya sepertiga Tucuxi.

Hevina Sedan telah dikembangkan sejak beberapa bulan lalu. Saat ini, sedan listrik itu telah memasuki tahap akhir dan akan diperkenalkan bulan depan.

Gusti mengungkapkan, sedan listrik yang dikembangkan nantinya akan dipakai sebagai mobil dinasnya, bergantian dengan mobil dinas menteri yang kini digunakannya. Penggunaan mobil tersebut juga dimaksudkan untuk uji coba.

Menristek punya misi ambisius. Sedan listrik itu akan menjadi salah satu low cost green car yang dijual sangat murah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com