Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Transisi Musim, Warga Diimbau Waspada Banjir

Kompas.com - 10/04/2013, 13:22 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com — Prakirawan cuaca BMKG Mutiara Palu, Hadi Setiawan, mengimbau warga Palu agar waspada banjir dan puting beliung di masa peralihan dari musik hujan ke musim kemarau.

Sejak beberapa hari terakhir ini, cuaca di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu, diselimuti mendung. Sesekali hujan ringan terjadi. Kondisi ini, menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mutiara Palu, sudah umum di wilayah Indonesia kala memasuki masa transisi ke musim kemarau.

Cuaca seperti ini diperkirakan akan bertahan empat hingga enam hari mendatang. Kondisi ini juga disebabkan banyaknya pertemuan angin di wilayah Kalimantan hingga Sulawesi sehingga banyak pertumbuhan awan yang dapat mengasilkan hujan.

Kendati demikian, Hadi Setiawan menjelaskan, hujan ringan yang turun di wilayah Palu bukan berarti menunjukkan kondisi besok akan normal. Bisa saja sebaliknya.

"Jadi, waspada banjir dan puting beliung, termasuk juga para nelayan agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi," kata Hadi kepada Kompas.com. Menurut dia, ketinggian gelombang bisa 1 hingga 3 meter. Ini juga disebabkan adanya badai Viktoria di Samudra Hindia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com