Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Empat Jam, Banjir Pun Menyambangi Palopo

Kompas.com - 09/04/2013, 08:23 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

PALOPO, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Kota Palopo, Sulawesi Selatan, selama empat jam membuat tiga kelurahan terendam banjir, Senin (8/4/2013) malam. Luapan air Sungai Amassangan yang membelah Kota Palopo membuat panik sejumlah warga.

Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Palopo terpaksa menutup sejumlah ruas jalan, di antaranya Jalan Andi Djemma dan Jalan Cakalang Palopo. Penutupan akses jalan ini dikarenakan terendam air setinggi lutut guna mengantisipasi kendaraan terjebak banjir.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Transmigrasi) Andi Sanakira yang ditemui di lokasi menyebutkan bahwa ada tiga kelurahan yang tergenang, masing-masing Kelurahan Amassangan, Lagaligo, dan Dangerakko.

"Kawasan ini memang rawan karena rendah serta berada di tepi sungai," ujar Sanakira. Selain menyebabkan banjir, sebut dia, hujan deras selama empat jam itu juga ikut mengakibatkan tanah longsor di Kelurahan Latuppa, Kilometer 8. "Banjir ini dipicu hutan gundul. Makanya, kalau sudah hujan selama tiga jam pasti banjir dan terjadi longsor," tambah Sanakira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com